Perbedaan Host, Presenter dan MC

9:42 am Pertiwi Soraya 0 Comments

eritanya tadi pagi nonton “Pagi-Pagi” di NET. Nah salah satu bintang tamunya adalah Sonny Tulung.  Hayo, pada tahu gak?

Ada yang tahu Kuis Family 100?
Nah pembawa acaranya ya dia, Sonny Tulung.

Ada salah saut pertanyaan yang ditanyakan Andre Taulani sama Sonny, yaitu “Apa sih perbedaan antara host, presenter dan MC?”

Menurut Sonny, penggunaan ketiga kata ini sering tidak terlalu dipermasalahkan. Sering kali malah orang menggunakan kosakata di atas dengan terbalik-balik sehingga defenisinya jadi tidak jelas alias membingungkan.
http://kotakecilafrin.blogspot.co.id/2013/09/talk.html
 
Namun demikian Sonny menjelaskan menurut versinya arti dari ketiga kata ini.
Pertama “Host”. Host dalam bahasa inggris berarti tuan rumah. Biasanya pada acara yang mendatangkan bintang tamu, pemandu acaranya disebut Host. Misalnya  seperti  acara talkshow.

Kedua “Presenter”.  Kata ini juga bahasa Inggris yang berasal dari kata present yang berarti mempersembahkan. Jadi presenter adalah orang yang memperkenalkan atau mempresentasikan materi dari program yang dibawakan. Misalnya seperti penyiar/ pembaca  berita (News Anchor).

Ketiga “MC”. Kata ini adalah singkatan dari Master of Ceremony. Jika diartikan secara harfiah menjadi ahli acara. Kira-kira adalah orang yang mengarahkan, memandu jalannya acara tahap demi tahap. Biasanya MC adalah untuk acaranya yang bersifat off air.

Nah begitu penjelasan dari Sonny Tulung.

Ada banyak sekali julukan untuk orang-orang seperti, mulai dari pembawa acara, moderator, protocol, penyiar, announcer, interviewer, host, presenter, MC, sampai public speaker. Namun yang jelas semuanya termasuk public speaker.

You Might Also Like

0 comments:

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄