Jenis-Jenis Tanaman Cincau dan Cirinya

9:15 pm Pertiwi Soraya 5 Comments

Menyambung tulisan saya tentang cincau kemarin (silahkan baca di sini), hari ini saya akan membahas tentang taman cincaunya. Setelah googling-googling mencari wujud tanaman cincau, saya temukan ternyata ada banyak jenisnya. Bentuk daunnya pun berbeda-beda.

Dan acara googling ini pun buat saya shock. Beberapa jenis dari tanaman cincau ini
bentuknya mirip rumput-rumputan yang sering tumbuh di semak-semak di sekitar rumah atau di jalan-jalan. Ini cuma sekedar mirip bentuknya atau memang mereka adalah tanaman yang sama ya?

Kalau memang mereka adalah tanaman yang sama, ya ampun, speechless deh. Itu kan artinya, makanan yang sangat disukai ini ternyata bahan pembuatannya adalah apa yang selama ini dianggap semak belukar di dipinggir jalan kan? Tahan beli sampai entah ke mana-mana. Duh duh, banyak sekali ternyata hal-hal luar biasa di sekitar yang tak dihiraukan. 

Perlu nih sepertinya untuk mulai dokumentasi foto-foto yang dianggap rumput  gak penting mulai sekarang. Lalu cari tahu nama dan kegunaanya. Mungkin saja bakal menemukan sesuatu nanti. Ahaha. Kan semua yang diciptakan Allah itu tak ada yang tak berguna toh.

Baiklah, kembali pada jenis-jenis tanaman cincau tadi.

Bersumber dari Wikipedia. Cincau sebenarnya berasal dari bahasa hokien yaitu sienchau. Di bahasa asalnya cincau adalah nama tumbuhannya sendiri (bahasa latinnya Mesona spp).

Nah ini dia beberapa nama tumbuhan yang menghasilkan gel yang kita sebut cincau yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber.

  1. Cincau Hitam. Dihasilkan oleh tumbuhan dari famili Labiatae dengan genus Mesona. Diantaranya:
  • M. procumbens Hemsley
  • M. chinensis. Juga dikenal dengan Platostoma palustre. Dari Wikipedia, disebutkan tanaman ini temasuk dalam keluarga mint. Tingginya 15 – 100 cm, dan memiliki rambut halus pada batang dan daunnya.
    Cincau Hitam
    Cincau Hitam (Mesona palustris) (anakagronomy.com)
  •  M. Palustris (dikenal dengan sebutan Janggelan). Batangnya kecil dan ramping, percabangan tumbuh di bagian ujung batang. Ada jenis yang tumbuh menjalar di permukaan tanah, ada juga yang agak tegak. Daun berbentuk lonjong dengan ujung lancip atau tumpul. Bunga majemuk, seperti bunga kemangi. Bunga berwarna merah muda atau putih keunguan. Bagian daun dan batangnya menghasilkan gelatine berwarna hijau tua mendekati hitam.
   2. Cincau Hijau. Dihasilkan oleh tumbuhan dari famili Menispermaceae dengan genus Cylea. Yaitu:
Cincau Hijau
Cincau Hijau (Cylea barbata)(tengkutya.pun.bz)
  • Cylea barbata Myers. Ciri khasnya, batangnya tumbuh menjalar dan dapat rambatkan ke pohon atau pagar. Tinggi tanaman sekitar 5 – 16 meter. Batangnya bulat dan berdiameter sekitar 1cm. Daunnya berbentuk jantung dengan dengan bagian berbentuk seperti bulat telur, dan ujung daun meruncing. Bunga tersusun dalam malai yang tumbuh dari ketiak atau batang. Buahnya bulat. Akarnya membesar sperti umbi dan tidak teratur. Akarnya juga berfungsi sebagai obat demam dan sakit perut. Dapat diperbanyak dengan biji, stek batang dan tunas akar. Bagian daunnya menghasilkan gelatine berwarna hijau cerah.
  
    3. Cincau perdu (Melastoma polyanthum B)
Cincau Perdu (anakagronomy.com)
 Termasuk dalam family Melastomaceae. Batangnya berkayu, bercabang banyak, tumbuh tegak, dengan tinggi bisa hingga 4 meter.pada cabang muda tumbuh yang disebut akar udara. daun bertangkai, bebbentuk bukat telur memanjang dengan ujung runcing. Duduk daun berhadapan. Bunga berbentuk malai, dengan warna ungu kemerahan, yang muncul dari ketiak daun tertinggi atau ujung batang. Memiliki buah dengan biji bulat. Dapat diperbanyak dengan biji, stek batang dan cangkok.
Cincau Perdu
Bunga Melastoma Polyanthum (wikipedia)
Daunnya menghasilkan gelatine berwarna hijau tua. Gel yang didapat pada cincau jenis perdu lebih padat dari pada cuncau hijau dan hitam. Aroma gelnya agak langu. Hal ini bisa disiasati dengan menambahkan jerup nipis pada proses pembuatan.


Nah itu dia jenis-jens tumbuhan penghasil gelatine alias cincau beserta cirinya. Coba deh mulai lihat-lihat sekeliling rumah. Mungkin saja ada tanaman yang mirip dengan ciri-ciri dan foto-foto di atas. Jangan-jangan mereka adlah tumbuhan yang sama. Lumayan kan. 

Soalnya waktu googling-googling, banyak page tentang cincau yang isinya kebanyakan adalah iklan pemasaran tanaman cincau. Jadi banyak yang cari tanaman cincau online la ceritanya. Lumayan kan dari pada beli. Atau siapa tahu malah bisa dijadikan lahan bisnis.


You Might Also Like

5 comments:

  1. Cincau cincau karet cinta sampai lengket. Apa seh

    ReplyDelete
  2. baru liat tanaman cincau, salah satu hidangan favorit bulan puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, sepertinya memang begitu Bang

      Delete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄