Jenis-Jenis Tanaman Cincau dan Cirinya

9:15 pm Pertiwi Soraya 30 Comments

Menyambung tulisan saya tentang cincau kemarin (silahkan baca di sini), hari ini saya akan membahas tentang taman cincaunya. Setelah googling-googling mencari wujud tanaman cincau, saya temukan ternyata ada banyak jenisnya. Bentuk daunnya pun berbeda-beda.

Dan acara googling ini pun buat saya shock. Beberapa jenis dari tanaman cincau ini
bentuknya mirip rumput-rumputan yang sering tumbuh di semak-semak di sekitar rumah atau di jalan-jalan. Ini cuma sekedar mirip bentuknya atau memang mereka adalah tanaman yang sama ya?

Kalau memang mereka adalah tanaman yang sama, ya ampun, speechless deh. Itu kan artinya, makanan yang sangat disukai ini ternyata bahan pembuatannya adalah apa yang selama ini dianggap semak belukar di dipinggir jalan kan? Tahan beli sampai entah ke mana-mana. Duh duh, banyak sekali ternyata hal-hal luar biasa di sekitar yang tak dihiraukan. 

Perlu nih sepertinya untuk mulai dokumentasi foto-foto yang dianggap rumput  gak penting mulai sekarang. Lalu cari tahu nama dan kegunaanya. Mungkin saja bakal menemukan sesuatu nanti. Ahaha. Kan semua yang diciptakan Allah itu tak ada yang tak berguna toh.

Baiklah, kembali pada jenis-jenis tanaman cincau tadi.

Bersumber dari Wikipedia. Cincau sebenarnya berasal dari bahasa hokien yaitu sienchau. Di bahasa asalnya cincau adalah nama tumbuhannya sendiri (bahasa latinnya Mesona spp).

Nah ini dia beberapa nama tumbuhan yang menghasilkan gel yang kita sebut cincau yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber.

  1. Cincau Hitam. Dihasilkan oleh tumbuhan dari famili Labiatae dengan genus Mesona. Diantaranya:
  • M. procumbens Hemsley
  • M. chinensis. Juga dikenal dengan Platostoma palustre. Dari Wikipedia, disebutkan tanaman ini temasuk dalam keluarga mint. Tingginya 15 – 100 cm, dan memiliki rambut halus pada batang dan daunnya.
    Cincau Hitam
    Cincau Hitam (Mesona palustris) (anakagronomy.com)
  •  M. Palustris (dikenal dengan sebutan Janggelan). Batangnya kecil dan ramping, percabangan tumbuh di bagian ujung batang. Ada jenis yang tumbuh menjalar di permukaan tanah, ada juga yang agak tegak. Daun berbentuk lonjong dengan ujung lancip atau tumpul. Bunga majemuk, seperti bunga kemangi. Bunga berwarna merah muda atau putih keunguan. Bagian daun dan batangnya menghasilkan gelatine berwarna hijau tua mendekati hitam.
   2. Cincau Hijau. Dihasilkan oleh tumbuhan dari famili Menispermaceae dengan genus Cylea. Yaitu:
Cincau Hijau
Cincau Hijau (Cylea barbata)(tengkutya.pun.bz)
  • Cylea barbata Myers. Ciri khasnya, batangnya tumbuh menjalar dan dapat rambatkan ke pohon atau pagar. Tinggi tanaman sekitar 5 – 16 meter. Batangnya bulat dan berdiameter sekitar 1cm. Daunnya berbentuk jantung dengan dengan bagian berbentuk seperti bulat telur, dan ujung daun meruncing. Bunga tersusun dalam malai yang tumbuh dari ketiak atau batang. Buahnya bulat. Akarnya membesar sperti umbi dan tidak teratur. Akarnya juga berfungsi sebagai obat demam dan sakit perut. Dapat diperbanyak dengan biji, stek batang dan tunas akar. Bagian daunnya menghasilkan gelatine berwarna hijau cerah.
  
    3. Cincau perdu (Melastoma polyanthum B)
Cincau Perdu (anakagronomy.com)
 Termasuk dalam family Melastomaceae. Batangnya berkayu, bercabang banyak, tumbuh tegak, dengan tinggi bisa hingga 4 meter.pada cabang muda tumbuh yang disebut akar udara. daun bertangkai, bebbentuk bukat telur memanjang dengan ujung runcing. Duduk daun berhadapan. Bunga berbentuk malai, dengan warna ungu kemerahan, yang muncul dari ketiak daun tertinggi atau ujung batang. Memiliki buah dengan biji bulat. Dapat diperbanyak dengan biji, stek batang dan cangkok.
Cincau Perdu
Bunga Melastoma Polyanthum (wikipedia)
Daunnya menghasilkan gelatine berwarna hijau tua. Gel yang didapat pada cincau jenis perdu lebih padat dari pada cuncau hijau dan hitam. Aroma gelnya agak langu. Hal ini bisa disiasati dengan menambahkan jerup nipis pada proses pembuatan.


Nah itu dia jenis-jens tumbuhan penghasil gelatine alias cincau beserta cirinya. Coba deh mulai lihat-lihat sekeliling rumah. Mungkin saja ada tanaman yang mirip dengan ciri-ciri dan foto-foto di atas. Jangan-jangan mereka adlah tumbuhan yang sama. Lumayan kan. 

Soalnya waktu googling-googling, banyak page tentang cincau yang isinya kebanyakan adalah iklan pemasaran tanaman cincau. Jadi banyak yang cari tanaman cincau online la ceritanya. Lumayan kan dari pada beli. Atau siapa tahu malah bisa dijadikan lahan bisnis.


You Might Also Like

30 comments:

  1. Cincau cincau karet cinta sampai lengket. Apa seh

    ReplyDelete
  2. baru liat tanaman cincau, salah satu hidangan favorit bulan puasa

    ReplyDelete
  3. Cemana cara ngolahnya bisa jadi kenyal-kenyal gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg nomer 2 sih cukup di ancurin make air matang. Trus air perasan di diam kan 1-2 jam biar bener jadi jely.

      Delete
  4. Nomer 2 itu dulu pas masih kcl sering nyari di sawah ama tmn2.
    Tapi yg nomer 1 belom pernah nyobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama... Gak tahu kalau itu tanaman cincau malah. Tahunya ya daunnya buat main duit2an 😂

      Delete
  5. tanaman cincau adalah makanan yang paling saya suka dulu

    ReplyDelete
  6. dirumahku dulu punya tanaman cincau perdu dan sekarang baru tau namanya dan ternyata jenisnya banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Iya ya, kebanyakan kita taunya ya cincau2 aja. Rupanya jenisnya banyak, dan uniknya kita gak tau kalau tanaman lainnya juga cincau juga, padahal kuta tahunya itu rumput... :)

      Delete
  7. pernah makan cincau dicampur susu enak banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beneeerrr...Pertama kali nyobain cincau dicampur susu wakt pesan Chatime. kalau ssu nabati alias santan...serrriiing :D

      Delete
  8. kalo yang suka dijual sama mang tukang cincau itu pake daun yang mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang cincau hijau ada yang cinca hitam. tapi kebanyakan yang dijual di pasar yang cinca hitam sih ya kan

      Delete
  9. Jadi pengen berkebun cincau deh. Cincau ini seger dan menyehatkan.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih, sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir. Semoga bermanfaat��

      Delete
  11. The food that is very popular turned out to be the material for making what has been considered a shrub on the side of the road, right?

    ReplyDelete
  12. It seems like it is necessary to start documenting photographs that are considered not important grass from now on.

    ReplyDelete
  13. klo yg hijau yg di pake daun tua apa muda

    ReplyDelete
  14. Saya penasaran mau cari tanaman janggelang sekarang

    ReplyDelete
  15. Anjir, baru tau ternyata itu cincau,,

    ReplyDelete
  16. Waaajd penasaran saya sama daun janggelan yg suka saya lihat pinggir x atau dikebun dekat rumah deh

    ReplyDelete
  17. Aisyah jogja ...semoga yg dikebun itu ada rumput liar tetapi daunnya sama sama pohon janggelan...bagai mn yaa cara mengetahuinya daun yg daya temukan itu daun janggelan apa bukan

    ReplyDelete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄