Ciri-ciri Air Bersih dan Sehat

11:55 pm Pertiwi Soraya 2 Comments

Ingat gak, ketika SD di pelajaran IPA pernah ada bahasan tentang ciri-ciri air bersih? Kalau gak ingat juga gak apa-apa sih, tinggal tanya Google aja ya kan.


Aku sendiri ingatnya (cuma) ada 3 ciri air bersih, yaitu tak berwarna, tak berasa, dan tak berbau. Tapi ketika kupastikan lewat Google, ternyata ada banyak.

Pasalnya kini tengah gencar iklan layanan masyarakat yang mengampanyekan untuk menghemat dan bijak dalam penggunaan air bersih. Diprediksi pada tahun 2030 dunia akan mengalami krisis air bersih, sedangkan Indonesia akan mengalami krisis air bersih sebelum 2040. Padahal 2/3 dari wilayah bumi adalah air, dan Indonesia hampir 3/4 wilayahnya adalah perairan. Klise bukan?

Mau tak mau harus diakui bahwa perilaku penduduk Bumi sendirilah yang menyebabkan Bumi terancam krisis air bersih. Pencemaran lingkungan dan perambahan hutan salah dua penyebab utamanya.

Efeknya, kini rakyat Bumi wajib sadar untuk lebih memperhatikan sikap dan perilakunya dalam memperlakukan air bersih yang masih dimiliki (baca: tersisa).

Ciri-ciri air bersih dan sehat
Sumber: Google

Nah, seperti apakah ciri-ciri air bersih dan sehat?

 

 

Menurut Depertemen Kesehatan, ada 4 ciri air bersih dan sehat untuk minum, yaitu : tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau dan tidak mengandung logam berat.
Sedangkan informasi yang berhasil ku rangkum dari Google, ada sedikitnya 7 ciri air bersih dan sehat.

 

1. Tidak berwarna alias jernih

Bebas keruh dan tidak terkontaminasi zat warna apa pun. Kejernihan air juga merupakan indikasi bahwa air tersebut kaya akan zat oksigen yang terkandung di dalamnya.

2. Tidak berasa alias tawar

Jika air memiliki tambahan rasa lain, semisalnya getir, pahit, asam dan lainnya, bisa disimpulkan bahwa air tersebut telah tercampur zat-zat tertentu. Sebaiknya air tersebut tidak digunakan untuk MCK apalagi untuk air minum. Kecuali air yang berangktan memang sudah siap minum, seperti kopi atau jus jeruk ya kan :D 

 

3. Tidak berbau

Aroma yang terdapat pada air, selain mengindikasikan bahwa air tercampur zat lain, bisa jadi juga mengindikasikan ada bakteri di dalamnya.

 

4. Tidak mengandng logam berat

Nah, ada pula air yang tak berasa, tak berbau dan tak berwarna, namun ternyata mengandung logam berat. Jika dikonsmsi terus-menerus, efeknya tidak akan baik untuk kesehatan. Maka hati-hatilah.

 

5. Tidak mengandung bakteri patogen

Yang dimaksd dengan bakteri patogen adalah serangkaian jenis mikroba yang jika masuk ke dalam tubuh akan berpotensi menimbulkan penyakit yang merugikan kesehatan pengonsumsinya. Contoh mikroba yang sering kali dijumpai pada air tercemar adalah bakteri E. Coli.

 

6. Bebas zat kimiawi arsenik

Sifat kimia dari zat arsenik umumnya tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau. Jika tercampur dengan air, akan sulit mendeteksinya. Perlu dilakukan uji coba di laboratorium untuk mengetahuinya. Dalam dosis sangat rendah, kita tidak akan langsung merasakan efeknya, namun jika dikonsumsi secara kontinyu, efeknya mematikan.

 

7. Bebas endapan

Berbicara tentang kejernihan air, bukan tak mungkin air yang kita anggap sangat jernih, ternyata jika kita ambil dan kita diamkan semalaman akan tampak adanya endapan, entah di permukaannya atau di dasar airnya. Pastikan air tersebut memang benar- benar jernih agar aman untuk di minum.

 

6. Memiliki PH normal

Kadar keasaman (PH) air yang sehat adalah 7. angka 6 dan 8 beberapa kali masih bisa ditoleransi. Biasanya air yang kadar asamnya tinggi akan cenderung berasa asam, sedangkan yang kadar basanya tinggi akan cenderung berasa getir bahkan pahit.

 

7. Bersuhu normal

Kisaran suhu normal untuk air bersih dan sehat adalah 20-25oC. Suhu air juga dapat menunjkkan indikasi atas kadar oksigen yang terkandung dalam air tersebut, selain itu juga sebagai indikasi kelestarian lingkungan sekitar sumber air.  


Di Indonesia sendiri, saat ini sumber air bersih kita terbagi dua, yaitu sumber air dari langit alias hujan dan sumber air dari tanah.
Air hujan sebenarnya bisa dikonsumsi sebagai air minum, namun saat ini sepertinya kita harus cukup selektif dan bijak, dikarenakan polusi dan pencemaran lingkungan yang kian marak. Jangan sampai air hujan yang kita tampung ternyata terkontaminasi zat-zat kimia berbahaya, seperti air pada hujan asam.

Sedangkan sumber air dari tanah yaitu mata air pegunungan, air tanah seperti sumur, sungai, danau, gletser, dan laut. Pembahasan menegenai ini bisa dibaca dipostingan selanjutnya yaitu Amankah Minum Air Danau Toba? 

 

Penutup


Teruntuk rakyat Indonesia yang masih dikaruniai limpahan kemudahan menemukan sumber air bersih.

Jangan foya-foyakan air untuk hal-hal yang tak perlu. Jangan biarkan ia meluber-luber dari bak penampungan, terbuang sia-sia. Mentang-mentang bayar. Ingatlah bahwa di belahan Bumi lain, ada banyak mansia yang harus menempuh jarak berkilo-kilo meter untuk mendapatkan seember air bersih untuk minum, ada yang harus mendaki gunung dan melewati lembah lebih dahulu untuk menemukan sumber air bersih.

Nah, kita, air masih datang dengan sendirinya. Jangan sampai cucu dan cicit kita atau cucunya cicit kita yang mengalami nasib serupa mereka.

Hargailah yang (masih) kita miliki. Jaga baik-baik agar tak menyesal jika ia jadi tak baik karena tak dijaga baik-baik.

You Might Also Like

2 comments:

  1. Nengok air banyak logamnya ayau tidak gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ingat gak waktu kita pertama kali ke depot air minum yg di Bhayangkara, waktu itu si Abang pemilik depotnya ngambil sebotol air dalam kemasan merek Aq** trus dia demonstrasikan pakai 2 paku yg dililit kawat trus dialiri listrik... Lama2 airnya berubah jadi hitam dan ada endapan di bawahnya... Trus dia bilang.. Itu tandanya airnya mengandung logam.

      Trus ia tes air depotnya... Pakai cara yg sama. Hasilnya... Airnya gak berubah kenapa2...

      N memang rasa air nya itu seger ya kan... Apalagi pas buka puasa.. Rasanya jadi manis terasa... 😁

      Kurang tau sih apakah memang gitu cara membuktikannya. Nantilah di googling lagi ya

      Delete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄