7 Tips Agar Punya Rumah Tahun Ini

10:27 pm Pertiwi Soraya 7 Comments

"Kak, Kakak orang Medan kok ngekos?"
 
Spontan pesan WA si Indah sore kemarin membuatku terkekeh.
 
"Kakak mah di Medan ini merantau kali. Doain aja semoga segera punya rumah milik bersama suami sendiri di tahun ini". Balasku.
 
Malamnya, ketika kembali berselancar di sosial media setelah 5 hari puasa gawai, terbacalah sebuah artikel yang berjudul Cara Cepat Memiliki Rumah di Tahun 2018. Masya Allah. Tidak ada yang kebetulan bukan. Another semesta mendukung, pikirku :D
 
Penasaran, artikel tersebut pun ku klik. begini kira-kira rangkuman tips nya. oiya, 2 tips terakhir adalah buatanku sendiri :D
 

tipe rumah
Mayfair - Cattelya

Ini dia 7 tips agar bisa punya rumah di tahun ini.


1.Kendalikan segala bentuk cicilan utang


Ada yang pernah punya pengalaman ketika gajian, sebagian besarnya habis dipakai untuk bayar utang? Atau bahkan ketika waktunya gajian, kita yang malah harus menambahi lagi (kalau bahasa Medan nya "Nombo'in") ke bank karena total gaji masih kurang untuk membayar cicilan bulanan? Belum lagi uang arisan bulanan :D.

Jika ditanya perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, semua orang pasti tahu menjelaskannya. Namun ketika dipraktikkan, kebanyakan yang tahu pun sering gagal. Penyebabnya adalah karena kebanyakan orang memakai hampir 90% dari penghasilan per bulannya sebagai kebutuhan belanja rumah tangga. Tak ketinggalan cicilan mobil plus kartu kredit juga sudah melebihi 30% dari penghasilan per bulan.

Nah, sepertinya kita perlu mengubah kebiasaan nih. Usahakan agar tagihan cicilan per bulan tidak melewati garis 30%. Jangan lapar mata, misalnya membeli barang yang nilainya cenderung menurun seperti alat elektronik, tas, bahkan pakaian. Pastikan juga kita tidak punya tunggakan kartu kredit maupun cicilan kendaraan. Malah lebih baik lagi kalau gak pakai kartu kredit.

Selanjutnya kita bisa mulai membiasakan untuk membuat anggaran tabungan untuk DP rumah. Supaya makin semangat.

 

2. Tabungan bulanan minimal harus 40%


Setiap orang punya cara masing-masing untuk menabung. Ada yang caranya dengan mulai mengabaikan beberapa hal berikut seperti: ngopi cantik, promo diskon belanja online, gadget terbaru, diet mulai besok, promo diskon makan, bukber dengan modus reunian di restoran,  dll yang membuat list pengeluaran kita bertambah.

Sebaliknya, tidak ada salahnya untuk membawa bekal, bukber di masjid atau mengurangi hang-out. Seminimalnya tabungan kita harus 40% dari pemasukan bulanan agar saat BI-checking lebih memudahkan kita untuk proses KPR.

 

3. Lakukan survei ke lokasi rumah incaran


Jangan mau terjebak PHP, karena di PHP-in itu enggak enak pakai banget. Saat melakukan survei, jangan hanya percaya dengan melihat brosur. Lakukan peninjauan.

Satu hal yang membedakan Wiraland dengan developer lain adalah adanya Rumah Contoh. RUMAH CONTOH ini akan menjadi tolak ukur bagi masyarakat Medan untuk menilai langsung hunian yang hendak diambil (tidak hanya lihat di brosur saja).

Oiya, Wiraland juga menyediakan fasilitas teknolgi virtual. Jadi calon pembeli yang berada di luar Medan pun bisa merasakan sensasi melihat Rumah Contoh melalui Smartphone.

 
KPR rumah murah Medan
Vanda - Living Room

4. Pilih developer terpercaya


Lihat juga sepak terjang developer nya. Terpercaya atau tidak, bertanggung jawab atau tidak. Tanya teman dan kenalan.

Selain itu lihat juga kesesuaian penawaran harga dan kualitasnya dengan kemampuan kita.

5. Kalkulasikan budget dan pilih penawaran KPR terbaik


Kadang kita pikir yang ditawarkan suatu developer itu murah, namun ternyata masih banyak perintilan-perintilan yang kalau ditotal ternyata malah jadi mahal.

Misalnya suatu developer memberi penawaran bebas biaya KPR, tapi tidak pajak. Sebenarnya biaya yang besar adalah pajak, karena nilainya 5-10% dari harga rumah. Jadi jika harga rumahnya  600an Juta Rupiah, Ya...bisa dihitung-hitung lah ya berapa pajaknya.

Nah, yang menarik dari Wiraland, kita ditawarkan kemudahan cara bayar dengan cicil sesuai kemampuan, yaitu cicil 60x tanpa bunga. Dan juga penawaran Gratis Biaya KPR & Pajak yang diberlakukan bagi seluruh perumahannya yang diperpanjang sampai akhir Mei 2018 ini.

Wah, serius ni tanpa bunga? Bebas riba berarti ya.

oiya, Info lengkapnya ada di  www.wiraland.com atau  bisa juga via telepon di 061-800-258-88

 
Rumah Murah Medan
Cattelya - Living Room

6. Nikah tahun 2018 dengan calon suami sudah menyiapkan hunian lengkap dengan isinya.


Boleh ketawa dan jangan lupa doanya :D. Bukankah ini juga memang cara cepat punya rumah sendiri dengan realistis bagi yang singelillah? :D

 

7. Banyak-banyak bersedekah dan bersedekah banyak-banyak


Seperti kata Ustadz Yusuf Mansur, "Kalau pingin apa-apa, banyak-banyakin sedekah, Insya Allah yang dipinginin akan dateng sendiri dari jalan yang tak disangka-sangka."
Dan jika ingin mendapatkan yang terbaik, berikanlah juga yang terbaik. Setuju? ^_^

 
Nah, jadi cemana. Masih ingin punya rumah tahun ini?

You Might Also Like

7 comments:

  1. Mantaapp kak tipsnyaa, yg no 6 insyaAllah kak dipertemukan hehe 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah. Sdmoga bermanfaat yaaa

      Delete
  2. Sholawatin dan sedekah kak hihi... Dan nomor 6 itu banyak sholawat ini syaa Allah tahun ini di pertemukan eaaaak

    ReplyDelete
  3. insya Allah jika ada niat pasti dikabulkan.. :)

    ReplyDelete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄