11 pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit sehari-hari

9:27 pm Pertiwi Soraya 6 Comments



Saya adalah tipe orang yang lebih suka dengan sesuatu yang alami. Baik makanan, perawatan kecantikan sampai obat-obatan. 

Sejak pernah berulang kali konsultasi dan mengikuti saran dokter spesialis dengan patuh hampir selama 1 tahun, namun ketika habis obatnya, sindromnya kembali lagi. (Ah lelah Hayati). Akhirnya mencoba pengobatan alternatif. Ternyata dikasih tahu manfaat bahan-bahan dan cara tradisional. Dan Alhamdulillah cara ini lebih cocok dengan saya.

Nah, agar tidak lupa, saya bagikan beberapa tips bahan dan cara tradisional ketika mengalami beberapa peyakit atau sindrom yang sering kita alami. Beberapa diantaranya sudah saya praktekkan, sebahagian teman dan keluarga yang lakukan dan sebagian lagi dengar-dengar ketika terapi. 

 1. Sakit kepala
Sering migrain, atau kepala berdenyut serasa mau pecah. Apalagi ketika cuaca panas banget. Kita bisa menggunakan jeruk nipis. Belah jeruk nipis, lalu gosokkan ke kulit kepala hingga merata. Biarkan hingga meresap, lalu bilas bersih. Lakukan di pagi dan sore hari secara rutin. Selain meringankan sakit kepala, jeruk nipis juga bagus buat pertumbuhan rambut lho.
  
 2. Mual dan Muntah
Perasaan mual bisa terjadi karena sakit kepala, karena masalah lambung, atau ketika masuk angin. Untuk meredakannya bisa dengan cara mengerok lidah dengan sendok di pagi hari atau ketika bangun tidur di pagi hari. Memang akan terasa seperti hendak muntah. Ada satu lagi, yaitu dengan menggunakan kayu manis dan gula merah yang diseduh dengan air panas. Lalu diminum selagi hangat. 

3. Sakit Magh
Ada beberapa cara yang saya dapatkan, yang pertama dengan mengkonsumsi ubi rambat kuning. Cukup sebesar gengaman tangan. Waktu itu disarankan tiap pagi sih. Tapi saya buat jadi pengganti nasi dan camilan waktu itu. (hehe Inovasi).
Cara yang kedua dengan jeruk nipis. Air perasan sebuah jeruk nipis dicampur dengan air hangat ternyata berkhasiat meredakan magh jika diminum di pagi hari setelah bangun tidur.  (Yang ini sih belum dicoba sendiri, tapi teman-teman bilang memang sangat manjur).

 4. Amandel

Salah satu stok yang wajib ada di rumah saya adalah teh mahkota dewa. (Namanya wow ya). Kegunaannya beragam. Bisa buat batuk, hipertensi, demam berdarah, rheumatic, amandel, dll. Banyak deh, lihat aja di kemasannya. Biasanya kalau udah mulai makan yang entahapahapa di luaran, dan pola makan udah enatah cemanamana, tubuh biasanya mulai protes. Dimulai dengan amandel. Nah di sinilah si teh mahkota dewa ini dicari-cari.
Kalau kata dokter saya dulu, amandel itu berfungsi sebagai pengontrol tingkat gizi tubuh. Dengan kata lain kalau amandelnya berulah, berarti tubuh mulai kekurangan gizi dan nutrisi. Biasanya sih kalau udah begitu makanannya akan kembali sehat, banyak makan buah dan sayur. Intinya sih vitamin C dan makanan berserat

 5. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Nah, kalau ini biasaya ayah saya. Darah tinggi terjadi karena penyempitan pembuluh darah dan naiknya tingkat kekentalan darah. Untuk menurunkan tekanan darah biasanya menggunakan minum jus timun. Selain itu juga bisa dengan mengkonsumsi jus daun seledri. Daun seledri terbukti ampuh utuk mengencerkan darah dan menurunkan tekanan darah. 

6. Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)
Orang bilang sih, menaikkan tekanan darah lebih mudah dari pada menurunkannya. Ibu saya sering menyuguhkan bayam merah jika tekanan darah turun. Jus buah bit juga ampuh. Lalu makan hati (eee..??).Maknanya denotatif ya, bukan konotatif. Maksudnya ya makan hati beneran, hati ayam, hati sapi, hati kambing, hati rusa, dan hati-hati lainnya yang halal dimakan.
Kalau saya sih, mikirnya makan aja yang gak boleh dimakan penderita hipertensi. Garam misalnya. ;D 

7. Flu
Flu biasanya menyerang ketika atau karena sistem imun sedang turun dan pada musim pancaroba. Pastikan minum air putih yang cukup (yang dimasak), dan cukup konsumsi vitamin C dan anti oksidan. Kalau saya punya cara tersendiri yang 90% berhasil mengatasi flu. Yaitu dengan mengkonsumsi anggur hitam pada pagi hari seblum makan. Dan kalau stok cukup biasanya selalu dikonsumsi 30 menit sebelum makan, baik sebelum makan siang juga malam. Anggur hitam banyak mengandung vit. C dan antioksidan. Maka kegunaannya banyak sekali. 

8. Nyeri saat datang bulan
Perubahan hormon tiap bulannya berefek macam-macam pada tiap wanita. Salah satu yang biasa terjadi adalah nyeri saat datang bulan. Hal tersebut termasuk normal. Namun jika sampai mengganggu aktifitas hingga gak bisa ngapa-ngapain kan repot. Bahkan ada yang sampai pingsan karena tak tertahankan sakitnya. Jika sudah begitu harus waspada, karena sakit yang terlalu dan sering bisa jadi merupakan tanda adanya mioma yang berpotensi untuk menjadi kista, dan seperangkat penyakit rahim lainnya.
Nah salah satu cara mengatasinya adalah dengan rutin mengkonsumsi mahkota dewa. Seminggu sebelum siklus. Juga dengan rutin mengkonsumsi air kelapa muda tiap bulannya.


9. Ambeyen/ Wasir
Penyakit yang satu ini biasanya terjadi karena pola hidup yang cenderung malas bergerak, jarang berolahraga, dan sering duduk terlalu lama. Selain itu juga pola makan yang kurang sehat. Sehingga berakibat pada sistem metabolisme tubuh. Gejalanya bermula dengan sering susah buang air besar, lalu lambat laun berkembang menjadi ambeyen lalu berkembang lagi menjadi wasir.
Nah, berdasarkan info yang saya dengar ketika terapi, gambir bisa meringankan susah buang air besar. Jadi 2-3 buah gambirnya digerus (bisa dengan pisau), lalu diseduh dengan air panas, tapi jangan diaduk. Diamkan hingga dingin dan mengendap. Lalu minum airnya dan tinggalkan endapannya. Fungsinya kurang lebih seperti obat pencahar.
Namun jika sudah berkembang menjadi ambeyen dan wasir, bisa dengan mengkonsumsi teh mahkota dewa.

10.  Sariawan
Ketika sariawan biasanya orang mengkonsumsi Vitamin C, lalu buah-buahan yang asam-asam ya. Secara saya lebih suka buah yang manis, jadi ya, cari buah pun yang manis. Kalau asam, good bye deh. Nah, ada cara lain ternyata yang ukup manjur buat saya. yaitu makanan yang pedas. Banyakin deh makan cabai atau yang mengandung cabai. Karena ternyata cabai mengandung vit. C dan A yang cukup banyak lho. Ekstrim sih, tapi ya begitulah. It works for me. Yours’ next. 

11.  Sakit Tenggorokan, Sesak Nafas dan Batuk
Untuk ketiga sindrom ini, saya punya 2 cara. Yang pertama jahe. Minum air jahe dapat meredakan batuk dan sesak nafas buat saya. Jadi jahenya di parut lalu diseduh air panas. Atau bisa juga dididihkan hingga seperti bandrek. Diminum selagi hangat.
 Yang kedua adalah dengan susu. Sekaleng susu murni lumayan membantu meredakan sesak nafas dan batuk. Efek setelah minum susu, saluran pernafasan terasa lebih bersih dan lega. Jika tak ada susu murni bisa juga dengan susu kental manis. Baik dicampur dengan air maupun diminum langsung. Berfungsi untuk membersihkan kerongkongan dari zat-zat kimia dan zat-zat berbahaya lainnya. Seperti ketika habis beraktifitas seharian di luar yang terpapar polusi seperti asap kendaraan dan asap rokok.


Sejauh ini kesan yang ada di ingatan saya, cara tradisional yang fungsinya sebagai obat kala sakit ini cenderung enak rasanya lho. Secara dimana-mana yang namanya obat itu pastinya gak enak.

Nah, untuk sementara masih berhasil mengumpulkan 11 dulu. Masih ada beberapa lagi yang lain tentang obat-obatan yang rasanya enak ini. Tapi belum balik ingatannya. Insya Allah di lanjutkan lagi ketika ingat lagi ya. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

6 comments:

  1. Wah thanks ya sharingnya. Baru tahu jeruk nipis bisa ngurangi sakit kepala

    ReplyDelete
  2. Sama2...thank u for visiting. Semoga bermanfaat ya:D

    ReplyDelete
  3. Infonya sangat bagus sekali mbak sangat bermanfaat juga, terima kasih ya mbak infonya :)

    ReplyDelete
  4. Sama2...terimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  5. Tips no 10 untuk atasi sariawan sudah sering saya coba, tapi kurang berhasil. Mungkin karena penyebabnya bukan kekurangan vitamin C tetapi menurunnya daya tahan tubuh dan alergi...

    ReplyDelete
  6. Ooo...brarti bukan sariawan la ya, tapi alergi dengan gejala sariawan 😁

    ReplyDelete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄