Berani Katakan IYA BOLEH untuk Si Kecil Bereksplorasi?

9:49 am Pertiwi Soraya 2 Comments

Pertama kali bertemu kakak beradik ini adalah tahun lalu di acara yang diselenggarakan DANCOW di Plaza Medan Fair. Waktu itu mereka berperan sebagai “anak dadakan” kami. Abil sebagai anak dadakan Ririn (biasanya adiknya), dan Bunga sebagai anak dadakan saya, (biasanya? Biasa apanya...Jumpa juga baru hari itu).

Setelah itu bertemu mereka telah menjadi hal yang cukup sering. Nah, Kemarin, Sabtu 4 Maret 2017 adalah kali kedua bertemu mereka kembali di tempat yang sama dalam peluncuran DANCOW Advanced Excelntri+. Deja vu? Bukan. Lebih tepatnya mengulang kenangan.

Nah, setelah mendaftar di meja registrasi, kami mendapatkan tiket masuk wahana dan voucher makan. Belajar dari pengalaman tahun lalu, kami memutuskan untk mengantarkan anak-anak dadakan kami main wahana dahulu dan mencari tempat duduk kemudian. 
pendaftaran
Dokumentasi oleh Ririn
Ketika masih di luar tadi, Bunga dan Abil bilang kalau mereka gak mau ikut mewarnai lagi seperti tahun lalu. Sedangkan Abil sempat bilang kalau dia mau mancing ikan dan main pasir pantai nanti di wahana. Seperti tahun lalu di mana dia berhasil mendapatkan ikan dari hasil pancingannya (nyeser maksudnya :D)). Mereka belum bisa move on sepertinya dari kenangan tahun lalu. Tahun ini wahanya pastinya berbeda dong.  Dan benar saja seperti yang tertera di tiket masuk wahana.

Tahun ini DANCOW Explore Your World dilengkapi dengan empat area utama, yaitu Art Center dengan aktivitas hand painting dan storytelling, Central Park yang dilengkapi degan teknologi augmented reality, Smart City di mana si kecil bisa membangun kota dengan versinya sendiri dengan menggnakan sejenis lego, Dan yang terakhir Play Park dengan aktvitas wall climbing dan Monkey Bar. Keseluruhan aktifitas ini dimaksudkan untuk mengasah kemampuan berbahasa, memperhatikan, mengingat, menyelesaikan masalah hingga motorik anak.


Dan semua wahana padat antriannya. Raameeee. Alhasil kami memutuskan untuk mencari tempat duduk dan ke wahanya nanti. :D. Nah, ternyata semua kursi sudah penuh. Huhuhu. Tinggal kursi barisan paling depan saja yang beberapa terlihat kosong. Berdampingan dengan  tempat duduk pemateri  talkshow. Akhirnya kami nekat duduk paling depan :D

Beruntung Abil dan Bunga tak jadi masuk wahana. Soalnya begitu kami duduk acara pun dimulai. Dibuka dengan mini drama musikal dengan jalan cerita dan efek pendukung yang keren. Seru deh. Ada hikmahnya juga duduk paling depan. Jadi leluasa nontonnya, bebas halangan pandangan deh. Rejeki bawa anak :D (pelajaran hari ini, duduklah paling depan, apalagi jika memiliki masalah penglihatan :D)

Pas adegan mandi hujan, suara hujannya jelas banget. Efeknya saya jadi seperti menunggu kalau bakal ada tetesan air beneran. Seperti efek nonton dengan teknologi 4D gitu. Hehe. Tapi herannya, setelah adegan hujan berhenti, suara hujannya kok malah makin kuat. Sampai tiba-tiba Abil menunjuk ke atas, “Apa itu?”. Ternyata ada drone. Jadi ternyata itu tadi bukan suara hujan melainkan suara drone. Hahaha.

Mini dramanya bercerita tentang si x dan x yang selalu didukung oleh orang tuanya untuk bereksplorasi sebebas-bebasnya di linkungannya.

“Ma, boleh mandi ujan gak?”

“Iya Boleh”

“Ma, boleh pegang kupu-kupnya gak?”

Iya, boleh.

Trus saya penasaran kalau judul dramanya adalah “IYA BOLEH” :D
Sebagian foto oleh Ririn
Dramanya seru. Jangan bagi anak-anak, saya saja ingin tahu kelanjutan setiap jalan ceritanya. Pantas saja di depan panggung yang tadinya sepi, berangsur-angsur dipadati anak-anak yang penasaran dengan pertunjukan tersebut. Lagi-lagi bersyukur dapat tempat duduk paling depan :D

Selanjutnya talkshow dipandu oleh Mbak Shahnaz Haque, artis yang paling sering jumpa dengan saya, eh, maksudnya yang paling sering saya lihat langsng tanpa perantara layar kaca dan dari jarak yang dekat pula. Setahun bisa 2 atau 3 kali berada di acara yang sama.


Begitu pula pembicaranya. Ada Mbak Ratih Ibrahim. Senang sekali melihat psikolog satu ini sekaligs sebel, karena selalu bisa buat iri untuk jadi ibu :D curhaaat. Skip.
Dokumentasi oleh Ririn
Mbak Ratih menyampaikan bahwa anak adalah anugerah Tuhan yang dititipkan pada mereka yang mampu dititipkan. Maka bersykurlah mereka yang diberi kepercayaan untuk menjaga titipan-NYA.

Sementara dr. Bennie Endyarni Medise, SpA (K), dokter spesialis tumbuh kembang anak,  menegaskan 3 hal utama dari pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu nutrisi, kasih sayang dan stimulasi. Gizi yang seimbang untuk pertumbhan anak sangat penting. Karena kekurangan akan mengganggu tumbuh dan kembang anak. Begitu juga jika kelebihan nutrisi, seperti dapat mengakibatkan obesitas misalnya.

Anak yang mendapatkan cukup kasih sayang biasanya akan terlihat dari perkembangannya. Kasih sayang dalam memberikan stimulasi pada anak berdampak pada perkembangan otaknya. Salah satunya adalah memperbolehkan si Kecil bereksplorasi dengan bebas.

Dr. Bernie menuturkan bahwa berdasarkan hasil pennelitian, 80%  daya tahan tubuh terdapat di pencernaan. Dan saya adalah orang yang termasuk setuju dengan  hasil penelitian ini. Saya percaya, jika pencernaan sehat, insya Allah daya tahan tubuh juga baik sehingga tidak gampang sakit.

Pada anak, Lactobasilus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat menjaga saluran pernafasan dan saluran cernanya. Agar bakteri ini tetap tumbuh, bakteri ini juga perlu diberi makan, yaitu Inulin, yang kesemuanya terdapat dalam DANCOW Advanced Excelnutri+.

Jadinya, orang tua punya cukup ilmu dan alasan untuk berani mengatakan “IYA BOLEH” pada anaknya untuk berksplorasi di dunianya.

Saya sendiri sih sebenarnya termasuk tipe yang risih mendengar kata “JANGAN” atau “TIDAK BOLEH” disebutkan orang tua pada anaknya. Kata “JANGAN” selain bermakna negatif,  juga hanya akan membuat anak untuk lebih ingin tahu dan mencoba hal yang dilarangkan dengan kata “jangan” tersebut.

Ada banyak pengganti untuk kata “JANGAN” atau “TIDAK BOLEH” yang bermakna positif ataupun  sedikit saja mengandung makna negatif (less negative). Misalnya “SEBAIKNYA”, “LEBIH BAIK”, “BAGAIMANA KALAU...(berikan pilihan)”, dll.

Misalnya, “Jangan lari-lari, nanti jatuh” diganti menjadi “Hati-hati, lebih baik berjalan saja”. :D Sepele memang, namun efeknya pada perkembangan otak, cara berpikir, dan perilaku sangat luar biasa.

Jadi ayo mulai kurangi dan hindari menggunakan kata “JANGAN” dan “TIDAK BOLEH” dan beranikan diri untuk mengatakan “IYA BOLEH” pada si Kecil untuk berksplorasi:D

Seperti pada akhir talkshow, seluruh hadirin diminta berdiri untuk mengikrarkan janji untuk mengatakan “IYA BOLEH” :D

Setelah acara talkshow selesai, para blogger dan media diajak berkeliling wahana. Kami yang udah keliling duluan memilih untuk mencari wahana yang mungkin bisa dimasuki Bunga dan Abil. Kami melewati area pemerahan susu sapi sembari melihat saja. Abil dan Bunga juga memilih untuk melihat saja. Antriannya puanjaang soalnya. Hingga akhirnya kami memutuskan untuk masuk Smart City. Dan entah bagaimana Abil dan Bunga tak perlu mengantri lama. Aha...lagi-lagi rejeki bawa anak :D
Dokumentasi oleh Ririn
Puas bermain di Smart City, Abil dan Bunga minta es krim, sedangkan Ririn dan saya sama-sama lapar. Jadilah kami keluar arena dan memutuskan untuk mencari makanan ke lantai 3 naik lift. Ahaa...ternyata itu adalah pengalaman pertama Abil dan Bunga menggunaan lift. Seru...karena komentar mereka yang unik-unik.

“Eh, kok nggak jatuh?”

Celutuk abil saat liftnya turun satu lantai. :D Terus pas udah kelar dari lift Bunga bilang

“Kok masih goyang-goyang ya?” Ahaha.

“Nanti pulangnya naik lift lagi ya?” Kata mereka setelah makan.

“IYA BOLEH” Kata kami. Sihiyy...langsung praktek :D

Pulangnya ketika melewati arena acara lagi, disempatkan mengambil foto mereka berdua, Hasilnya malah jadi begini. Ketika sudah siap-siap pencet tombol kamera dan mereka pun sudah pasang gaya keren-keren, Bunga tiba-tiba bilang ingin buang air kecil, dan entah kenapa si Abil sontak terkekeh. Lucu sekali dirasanya. Hingga jadi beginilah ekspresi mereka yang ngeblur ditangkap kamera.
Dokumentasi oleh Ririn
Tahun depan masih bisa gandeng mereka ke acara ini lagi tak ya? Atau tangan yang digandeng pas ke sini sudah beda? :D

You Might Also Like

2 comments:

  1. Aku kemarin mau bawa anaknya temen juga ke acara dancow, tapi nggak jadi karena rumahnya sekarang agak jauhan dari medan fair #tantemalesribet hhahahhaa

    ReplyDelete
  2. Mamah, mamah, cariin aku jodoh dong 😉
    IYA BOLEH , biar kelak bawa anak sendiri di event Dancow selanjutnya, yeay 😙

    ReplyDelete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄