Sepotong Mozaik di Banda

3:36 pm Pertiwi Soraya 0 Comments


Hmmm…(^_^), sore ni tiba-tiba pengen nulis di laptop (Nah diary ku, hari ini kamu kamu aku kasi cuti ya).
Yah, barusan di kepala terlintas tentang pengalaman pertama backpacking di di Aceh, khususnya waktu di Banda Januari 2010 lalu.
Awalnya sih karena ngelamunin bakalan ditraktir ama somebody nya si kawan, ngak usah la disebutkan namanya ya. Nah, so, aku mikir (ngayal lebih tepatnya) bakalan pesennya martabak telur aja, secara pastinya gak akan abis kalau pesan mie Aceh. Dari situlah saraf-saraf otakku agak korslet (untung gak nyampek kebakaran yah, hehehe).
Wajah-wajah baru nyampek ^_^
Jadi gini, waktu di Banda, kami serombongan 
(ketika itu berenam perginya, ada Aku, Heni, Bitha, Bang Ancha, Andres (Waktu itu sih masih aku panggil ”Bang”, abisnya gak tau ternyata satu leting, haaa), and yang terakhir si Rao (sampai sekarang aku nggak inget nama aslinya. Coba kuingat-ingat ya....mmmm...ah tetep gak ingat, pokoknya ”Rao” itu marganya deh, hehe. Scara dia juga lebih seneng dipanggil gitu, ya sudah lah)) di traktir makan mie Aceh sama Bang (aduh, siapa ya namanya..mmm) ah, iya Bang Irwandi. Beliau ni kenalannya si Heni, bita and aku juga di FB (aku juga kenalnya dari si Heni. Lebih tepatnya sih, pacarnya beliau ni temen SMA-nya Heni. Yah cukup sekian lah ya asal muasalnya..hihi).
Waktu itu kami yang tak tau arah di Banda ni, ya ikut guidenya aja lah, kemana dibawa ya pasrah. (”Guide” maksudnya ya Bang Irwandi ni. Bukan berarti kami nyewa loh. Mana lah mungkin kami nyewa-nyewa guide. Budgetnya backpacker bung. Si beliau yang berbaik hati menawarkan diri jadi ”guide” kami sebelum kami mintak tolong ama dia. Baek banget kan si Beliau ni..hehe).
Aku lupa nama tempat kami makan, tapi kata ”guide” kami yang baek hatinya ini, tempat itu yang paling enak mie Acehnya, and ”aman”.  Aman di sini maksudnya bebas ganja. (waduhh..). Iya, soalnya di Aceh rata-rata penjual makanan memakai ganja sebagai bumbu tambahan masakannya. Dan gak penjual makanan aja loh ternyata, sebagian ibu-ibu rumah tangga juga pake (entah itu buahnya atau daunnya), katanya ya biar enak. (huueeekkk).
Yang jualan marah atau apa nih yah...^_^'
Oh iya, seingatku waktu itu aku juga jumpaan sama Mbak Nuri and temennya di sana, namanya mmm...Delvi Piliang (orang Padang euy,,,). Jadilah kami punya 4 orang guide waktu itu, Bang Irwandi en temannya (cowok juga yang aku nggak ingat sama sekali namanya, plus Mbak Nuri and Delvi ^_^). Kami serombongan pesannya beraneka ragam jenis mie Aceh. Ada yang pesan mie aceh goreng, mie aceh kuah, mie aceh goreng kuah, mie aceh sea food (ada cumi-cumi, kerang, udang, kepiting de el el), ah macem-macem dah. Waktu itu aku pesannya mi aceh Jamur (pake kuah dikit kalau gak salah).
Aku kasih bocoran ya, itu adalah pertama kalinya aku makan mie aceh 1 porsi sendiri dan untuk pertama kalinya seumur hidup aku pesan mie aceh. (Antara terpaksa dan tantangan). Soalnya yang pertama, aku gak terlalu suka sama makanan yang namanya mie (gak ada gizinya si kalau menurut beberapa ensiklopedia makanan di perpustakaan otakku). Yang kedua kalau makan 1 porsi sendiri, waduh negabayanginnya aja aku gak bakalan abis, apalagi beneran ngerasainnya, pasti bakalan ada yang dibuang (mubazir deh jadinya, anti sama yang begituan. Temennya setan..hiiiyy). Yang ketiga, kalau untuk mencoba rasanya mie aceh (yang bener-bener asli dari aceh n buatan orang aceh, dan makannya di aceh lagi) aku bisa comot sana comot sini, toh cuma mau tau rasanya kan. But, secara yang lain pada pesan 1 porsi, yah, mau ngak mau aku juga pesan. Hitung-hitung pengalaman kupikir.
Dan pas pesanannya datang, subhanallah...porsi 1 piring tu buanyak buangets...habis lah aku, bingung gimana ngabisinnya. Udahlah piringnya guedek banget lagi (Yah porsinya itu kira-kira 2 kali porsi mie Aceh di MMTC UIMED, wah ketahuan sering ke sana ni..hehehe), belum lagi waktu itu kami baru aja di traktir sama guide kami ni, kopi aceh beserta snack-snacknya. In other words, lambung kami masih full. Gila kan.
Sekitar 1 jam kemudian...
Upss, ketahuan deh ^_^
Ternyata aku yang paling lama makannya, mereka udah pada kandas, eh piringku masih setengahnya. Heran perasaan seluruh tenaga udah aku kerahkan untuk ngabisin tu mie, kok gak abis –abis juga yah.. Akhirnya sedikit-sedikit isi piringku ku sumbangkan untuk masyarakat sekitarku...(hehehe). Ada yang mendelik ke arahku (secara dia juga udah gak tolap lagi, Heni, but senyumku yang imut ni mengalihkan dunianya..ciee), ada juga yang senang-senang aja (beuh...ternyata masih ada ruangan kosong di lambungnya. Lambung siapa lagi kalau bukan ...hehe (kalau disebutin namanya entar kena timpuk sekotak bika ambon, mauuuuu^0^)).
Nah, sambil menyemangati aku berjuang menghabiskan isi piring ku, mereka ngobrol-ngobrol tentang Banda Aceh, makanannya, penduduknya, bahasanya, dan segalanya pernak-perniknya. Sepenggal humor yang hadir di tengah meja makan kami yang berhiaskan piring-piring yang sudah kosong (kecuali punya ku tentu saja), sempat kurekam.
”Wah, kalau di Aceh, justru orang Aceh yang nggak tahu ”Mie Aceh”. Mereka tahunya ”Mie”. Sama kalau kita di Padang. Orang Padang mana tahu yang namanya sate Padang. Mereka tahunya ya ”Sate” aja. Hehehe”
Aku lupa entah siapa yang membawa lelucon itu ke tengah meja makan kami. (Jiiiah...aku ini banyak lupanya ya...^_^)


6 pm, Kos Dahlia, January, 28th, 2012

You Might Also Like

0 comments:

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄