Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Tiap Bulan

10:44 pm Pertiwi Soraya 1 Comments

"Kak, kek mana caranya kok bisa selalu tahu ada promo internet gratis dan pas pula tanggalnya? Apa ada notifikasinya?"


Pertanyaan yang selalu muncul ketika buat story tiap bulan tentang promo internet gratis dari Telkomsel.

Jawabannya tidak ada ya, Siti Aminah. Tidak ada notifikasinya. Jadi sebenarnya itu adalah (mungkin) satu-satunya efek positif dari kecanduan gawai yg ku alami. Jadi tiap hari, selain matikan alarm, ada beberapa aplikasi yang selalu aku buka pagi-pagi. Udah kayak otomatis aja gitu tangannya ngecek beberapa aplikasi itu. Salah satunya aplikasi MyTelkomsel. Seperti suatu rutinitas gitulah.

Kalau diurut MyTelkomsel, Tokopedia, Shopee, Dana, Soco, (yang kesemuanya cuma buat check-in dan lihat kupon diskon doang),  lalu Facebook, Gmail, IG  (yang ketiga-tiganya hanya untuk lihat notifikasi terbaru).

Seringnya kebablasan di IG ketika terpencet tombol eksplore dan terlihat unggahan seputar DIY dan flower arangement, wkkk. Makanya di IG sengaja diaktifkan fitur Daily Limit dan Break Reminder, biar gak keterlaluan kali "khusyuk berzikirnya". Walau pada akhirnya semua tergantung pada keteguhan hati juga๐Ÿคฃ).

Dan barulah terakhir WA. Prioritas utamanya cek 3 pin teratas; Ngapain Kita, Keluarga Besar FLP SU, dan Blog M VIP. Baru setelahnya cek Grup pengurus, Blog M dan pesan individu baru. 

Ketika mood sedang normal, 3 pin teratas selalu dibuka dan dibaca, grup selanjutnya siang baru dibuka. Kalau mood sedang kurang normal, paling cuma lihat jumlah notifikasi 3 pin teratas tanpa dibuka, bacanya bisa siang bisa malam, itu pun cuma Ngapain Kita aja yang diterge. Kalau Ngapain Kita aja pun gak diterge, berati ya mood sedang jungkir balik, kayang, salto, atau gelut. Konon lagi chat individu, kapan-kapan lah itu dibukanya๐Ÿ™.

Nah, jadi curhat pulak. Mari kita kembali ke topik. 

Ada beberapa cara untuk mendapatkan kuota internet gratis tiap bulan dari Telkomsel.  Eh cuma Telkomsel aja, nih? Kalau kartu lain? 
Karena semenjak balik kampung udah pensiun pakai provider lain, jadi ya daku hanya pakar di beberapa dunia per-Telkomsel-an saja.

1. Daily check-in


Program Daily Check-in atau yang sekarang berubah nama menjadi Stempel Berhadiah ini memiliki dua jalur untuk mendapatkan kuota gratis. Satu dari program Hadiah Basis dan satu lagi dari program Hadiah Premium. Ya walaupun jenis dan besar hadiahnya sering berubah tiap bulan, tapi biasanya pasti ada kuota gratisnya sih.
Kuota internet gratis tiap bulan

Kalau yang Basis, kita hanya perlu check-in tiap hari untuk mendapatkan stempel. Ketika jumlah stempel telah terpenuhi, kita tinggal klaim hadiahnya.


Sedangkan yang Premium, hadiah yang bisa diklaim berdasarkan banyaknya transaksi yang kita lakukan di periode itu. Makin besar transaksi yang kita lakukan ya semakin banyak juga hadiah yang bisa kita klaim.

Jenis, jumlah dan besar hadiahnya berubah-ubah tergantung mood si Telkomsel tiap periode. Bisa berupa poin, kuota nelpon, voucher diskon, kuota internet dan lainnya. Harap maklum. Namanya juga Telkomsel. Tapi biasanya hadiah kuota internet gratis selalu ada dan lumayan lah, lepas-lepas makan. Seperti periode ini, macam gini lah bentuknya.

2. Kuota Hepi


Program Kuota Hepi tak lain dan tak bukan adalah promo kuota melimpah yg hanya berlaku sehari. Tanggalnya tidak tetap. Seingatku 2 tahun belakangan program Kuota Hepi hampir rutin hadir tiap bulan. Walau tanggalnya tidak tetap, berdasarkan pengalaman, promo ini berada di rentang pertengahan bulan, antara tanggal 11-22 gitulah.

Nah kalau yang ini nggak akan ada pemberitahuan seperti SMS atau notifikasinya. Hanya saja kalau kita rajin cek di beranda aplikasi MyTelkomsel pasti bakal kelihatan sih. Kalau pun ada notifikasi, ya paling itu notifikasi dariku di IG sirkel para pelanggan notifikasiku; @kakbibeh @nufaz3e @iniyuha dan @kyo_rizki_han.๐Ÿ˜Œ


Dulu pertama kenalan dengan kuota Hepi, kita cuma butuh tukar hadiahnya dengan Rp1 saja, tanpa perlu poin. Bulan-bulan berikutnya berubah kebijakan jadi  Rp1 dan 1 poin. Sempat juga ada masa dengan 10 rupiah dan 5 poin. Hingga kini masuk masa Rp1.000 dan 10 poin. Biasa lah ya kan, Telkomsel. Makin lama makin mahal.

Begitu juga dengan besar kuotanya dan masa berlakunya. Kalau tak salah ingat, pertama ikutan ketika besar kuotanya 10gb berlaku hingga jam 12 malam. Lalu berubah jadi 15gb, 22gb, dan 27gb. Masa berlaku pun pernah labil menjadi 24 jam. Jadi walaupun kita menukarnya di jam 11.00 malam, kuota masih berlaku sampai sebelum jam 11 malam berikutnya. Bulan lalu 27gb berlaku sampai 23.59 WIB. Padahal jelas-jelas di SMS pemberitahuan dan notifikasi disebutkan berlaku hingga tanggal besoknya, alias 2 hari. Memanglah ini Telkomsel.

Nah bulan ini 15gb berlaku hingga jam 12 malam (kembali).

Oh iya, di 2 atau 3 bulan akhir tahun lalu, program kuota hepi ini sempat menghilang. Kukira bakal lenyap. Eh rupanya Ada lagi. Alhamdulillah.

3. Jelajah Nusantara


Di Jelajah Nusantara ada beragam hadiah yang bisa kita klaim setelah memenuhi target misi yang kita selesaikan. Kalau kuamat-amati jenis dan besar hadiahnya 11 12 dengan hadiah di Daily Check-in (Stamp Berhadiah). Bedanya, kalau di Stamp Berhadiah semua kuota bisa diklaim dalam sebulan, di Jelajah Nusantara jangkanya jauh lebih lama, berbulan-bulan bahkan lebih setahun. Selain itu, semakin sering dan semakin besar jumlah transaksi via aplikasi MyTelkomsel, semakin lekas pula kita bisa klaim hadiahnya. Walau pun lama, tapi lumayanlah buat tambah-tambah kuota tahunan, eh.๐Ÿ˜…


Oh iya, perlu digarisbawahi ya, transaksi yang terbaca oleh sistemnya ini adalah transaksi yang melalui aplikasi MyTelkomsel saja. Kalau transaksinya via web atau via SMS tidak akan dianggap oleh sistemnya.

Misal, isi pulsa dari M-banking, beli paket data lewat *363#, transfer pulsa lewat *858#, maka transaksi ini tak akan terhitung sebagai transaksi pada program Stamp Berhadiah dan Jelajah Nusantara, karena transaksinya tidak dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel.  Jadi kalau memang niatnya sekalian biar dapat kuota internet gratis tiap bulan, maka isi pulsa dan beli paket sebaiknya ya via aplikasi MyTelkomsel. Biar gak kena zonk ya kan.

Dan berhubung karena Telkomsel ini (menurutku) suka kali ganti-ganti kebijakan S&K, maka ya legowo dan jangan terlalu banyak berharap supaya tidak kecewa. Seperti aku yang bulan ini pas mau tukar hadiah Jelajah Nusantara eh tidak bisa, atau seperti 2 bulan lalu pas level perjalanan udah sampai di Monas dan tinggal redeem hadiah, tetiba besoknya pas dibuka status perjalanannya mulai dari awal lagi, Sabang. ๐Ÿ˜ถ Berharaplah hanya pada Allah biar gak kecewa. 


Nah, jadi itulah dia beberapa cara mendapatkan kuota internet gratis tiap bulan dari Telkomsel. Semoga lah ada faedahnya.

Udah nulis postingan gini, cak lah tebak, kira-kira di bulan Juli Kuota Hepi tanggal berapa? 
(Eh, rupanya gak ada pulak) ๐Ÿคฃ








You Might Also Like

1 comment:

  1. Alamak, aku dari tahun 2008 pake Telkomsel sampe skrg 2024 baru 1x dapat kuota gratis, itupun pas update SIMcard ke 4G. Memang lah kalo namanya yang gratis awak cepat kali bergerak, tapi pas rupanya banyak challengenya, jd mager ya kak

    ReplyDelete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. ๐Ÿ™๐Ÿ˜๐Ÿ˜„