Plus Minus Mudik dengan Motor

11:53 pm Pertiwi Soraya 2 Comments

Sejak 4 tahun terakhir, kami tak ada yang mudik ketika lebaran. Sebelum-sebelumnya minimal aku yang mudik, Medan - Aek Loba ya kan. Sejak balik kampung di 2019, tradisi mudik kembali hanya ke rumah para Uwak saja. Kalau tidak ke Batubara, ya ke Perdagangan. Bergantian titik kumpul silaturahmi tiap tahun.

Sejak Uwak yang di Perdagangan meninggal, berkurang pula lah jatah gantian titik kumpulnya. Jadi tinggal ke Batubara atau Aek Loba saja.

Makin bertambah usia, makin beragam juga situasi dan kondisi kehidupan yang sering tak bisa diprediksi, apalagi ketika momen lebaran. Yang direncanankan jauh-jauh hari bisa tak jadi, yang tak direncanakan bisa tiba-tiba tereksekusi. 

Seperti lebaran 2 tahun lalu, yang seharusnya kumpul di Batu Bara, namun situasi kaminya yang kurang memungkinkan sehingga rencana mudik ditiadakan. Eh, pagi setelah salat Ied, Uwak yang di Batubara mengabarkan bahwa rombongan mereka sedang otw ke Aek Loba. Lengkap dengan seperangkat dandang juga rantang beserta isinya. (Baca: hidangan soto lebaran di rumah Uwak diangkut sak dandang-dandangnya😅). 

Jadilah lebaran 2 tahun berturut-turut rumah kami yang jadi tempat berkumpulnya. 

Jenis tamu pun beragam, ada yang jenisnya kalau hendak berkunjung akan berkabar jauh-jauh hari, ada pula yang jenisnya tiba-tiba berkabar akan datang namun bawa logistik sendiri, ada pula jenisnya serombongan yang ujuk-ujuk sudah sampai di pintu rumah saja. 

Jenis kendaraan mudiknya pun beragam, ada yang datang bermobil-mobil, ada yang tiba serombongan dengan bus Sartika carteran, ada pula yang mengendarai becak khas Batubara, pun ada juga yang naik motor karena mabuk perjalanan jika naik mobil. 

Aku sering salut dengan para pemudik yang mengendarai motor. Tahan ya badannya? 

Kalau aku paling anti mudik dengan motor. Lebih ke gak tahan fisik dan juga lebih banyak jantungannya di jalan🙃. 

Sedangkan trip Aek Loba - Aek Kanopan yang jaraknya sekitar 20 menitan dengan motor saja pun cukup buat lelah. Padahal hanya tinggal duduk manis diboncengan saja.

Pernah ada kawan yang ngajakin mudik Medan - Aek Loba via motor ketika jaman-jaman masih ngajar di Briton, (yang mana saat itu sudah terbiasa dengan suasana perjalanan menggunakan jasa kereta api), digaji sejuta pun awak ogah lah. (Mungkin akan lain jika jadi 100 juta🤣) 

Makanya aku salut sekali dengan orang yang 'tawakal' mudik lebaran dengan motor, bukan cuma antar kota, tak jarang yang mudik antar provinsi. 

Sumber cnnindonesia.com

Walau pun mudik dengan motor tak disarankan pemerintah, tapi ya tetap saja pemudik dengan motor makin banyak tiap tahun. 

Kalau tahun lalu ada 123 juta lebih masyarakat Indonesia yang melakukan mudik di Idulftri, tahun 2024 ini diperkirakan naik 6 persen menjadi sekitar 136,7 juta pemudik. Begitu ujar Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan. 

Tiap moda transportasi pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya kan. Sering heran juga, kenapa kok orang banyak yang suka mudik dengan motor. 

Ternyata begini plus dan minusnya mudik dengan motor. 

Kelebihan Mudik dengan Motor

1. Lebih ekonomis

Jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, mudik dengan motor ternyata biayanya jauh lebih murah. Lagi pula setelah sampai di kampung halaman, kita juga bisa jalan ke mana-mana pakai sepeda motor kita. 

2. Bebas Mengatur Perjalanan

Karena membawa kendaraan sendiri, kita bebas mengatur waktu perjalanan kita. Gak perlu repot-repot pesan tiket beberapa hari sebelumnya, atau bahkan berminggu-minggu sebelumnya. Dan juga bebas dari rasa khawatir ketinggalan jadwal berangkat seperti kalau naik pesawat, KA, dan bus. Bisa lebih santai lah ceritanya. 

3. Tidak Perlu Berdesak-desakan atau Antri

Namanya juga mudik lebaran, pasti ramai di jalanan. Dengan motor tentunya lebih bisa menyalip-nyalip dibanding mobil dan bus ketika jalanan padat merayap bahkan macet. 

Walau yang buat jalanan macet tak jarang juga akibat ulah para pengendara motor ini ya kan🙃. 


Kekurangan Mudik dengan Motor

Ada kekurangan pasti ada kelebihan. 

1. Aspek Keselamatan

Ada harga ada mutu. Slogan ini sepertinya juga berlalu untuk jenis transportasi dengan motor saat mudik. 

Mudik dengan motor memang lebih hemat biaya, tapi lebih rawan dari segi kesehatan dan keselamatan di jalan. 

2. Kapasitas Bawaan Terbatas

Mudik naik motor, otomatis jumlah barang bawaan yang bisa dibawa juga lebih minimalis. Gak bisa bawa banyak-banyak. Jadi ya harus pandai-pandai packing dan pilah-pilah. 

Mudik dengan motor
Meskipun berkemas adalah sebuah seni, tetap utamakan keselamatan berkendara
3. Menguras Fisik dan Energi 

Walaupun kita bisa istirahat suka-suka di perjalanan, tetap saja mudik pakai motor menguras lebih banyak energi dan fisik. 

Mudik menggunakan sepeda motor dapat menyebabkan sakit pinggang dan punggung diakibatkan duduk berjam-jam di atas motor.

Selain itu tubuh juga lebih terekspos sehingga rawan masuk angin. Apalagi jika bawa anak-anak. Pastinya lebih berisiko bagi kondisi kesehatan sang buah hati.

4. Macet

Kondisi jalanan yang macet ketika mudik adalah sangat wajar, dan solusi agar tidak macet adalah menggunakan transportasi umum yang dapat mengangkut banyak orang. Selain itu apabila kita terjebak macet ketika berkendara jauh dengan motor sudah pasti sangat menguras tenaga kita bukan? 

5. Rawan Kecelakaan

Faktanya tingkat kecelakaan dengan motor paling tinggi dari semua jenis moda transportasi. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari kondisi fisik yang capek selama perjalanan, keadaan emosional yang tidak stabil dan kondisi jalanan yang macet, juga bisa dari faktor kekurangnyamanan motor yang dikendarai sehingga dapat membuat pengendara kurang konsentrasi hingga menyebabkan kecelakaan.

Jadi jika mudik dengan motor, baiknya kita mengutamakan safety riding saat berkendara. Serta wajib memastikan kondisi motor dalam keadaan baik sehingga memberikan kita rasa nyaman saat mengendarainya. 

Seperti kenyamanan pada Yamaha NMax yang bisa dijadikan pilihan untuk mendukung mobilitas mudik lebaran di 2024 ini. 

Yamaha Nmax 155 series
Berikut beberapa keunggulan cerita Nmax 155 yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. 

Nyaman Saat Berkendaraan

Desainnya yang RELAX RIDING POSITION memungkinkan pengendara untuk memilih posisi berkendara yang nyaman. Ruang kaki lebih luas, membuat posisi berkendara lebih rileks untuk jarak dekat atau pun jarak jauh. 

SUB-TANK SUSPENSION mendukung performa berkendara jadi lebih nyaman dan stabil di berbagai kondisi jalan. Mau jalanannya mulus atau berbatu, tidak akan jadi masalah buat pengendara. Apalagi kalau udah masuk jalan kampung yang istilahnya kalau di Aek Loba kira-kira 'kalau orang hamil lewat jalan itu, langsung brojol' (baca: melahirkan sebelum waktunya). 

Lalu ada MAXI SEAT DESIGN pada jok dengan kontur gandanya ini diharapkan bisa meminimalisir sakit pinggang gitu la ya kan ketika berjam-jam duduk di motor. 

Bagasi Luas

Yamaha Nmax terbaru memiliki MULTIFUNCTION BIG LUGGAGE a.k.a bagasi luas dengan akses yang mudah serta fungsional.

Kita bisa menyimpan helm full face ukuran XL di dalamnya. Jadi bukan hanya lebar tapi juga cukup dalam. Bisa jadi salah satu solusi menyiasati terbatasnya barang bawaan ketika mudik ya kan. 

Penerangan Optimal

Salah satu hal paling menonjol dari  Yamaha Nmax adalah lampunya yang terang serta hemat energi. LED HEAD & TAIL LIGHT adalah desain lampu depan dan belakang yang mewarisi MAX Series DNA dan sudah menggunakan LED.

Jadi, selain cahayanya lebih terang dan lebih hemat energi, juga lebih tahan lama. Ditambah dengan HAZARD LAMP yang dapat memberi tanda dalam situasi darurat (sesuai UU no 22 tahun 2009 peraturan berlalulintas pasal 121 ayat 1). Kita jadi dapat berkendara dengan nyaman dan aman.

Motor Praktis 
Electric power socket yamaha Nmax
Gak perlu bawa-bawa power bank lagi ya kan

Teknologi  yang satu ini, ELECTRIC POWER SOCKET, di NMax memang keren menurutku.  Teknologi ini memungkinkan kita untuk bisa ngecas ponsel saat berkendara. Jadi gak kawatir kehabisan batre hape saat di perjalanan mudik. 

Selain itu juga dilengkapi dengan FULL DIGITAL SPEEDOMETER yang modern dan informatif dilengkapi dengan indikator Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) Apps, Pesan & Telepon, TCS, VVA dan Temperatur Mesin. Dengan ini kita bisa tetap ngecek ponsel pintar kita tanpa perlu ribet-ribet pegang HP saat berkendara. (Kan bahaya ya kan). 

Fitur lainnya yaitu HANDLEBAR SWITCH CONTROL. Kita bisa memilih tampilan informasi dan pengaturan pada speedometer. Tombol pengatur di handle kiri yang sangat fungsional.

Irit Bahan Bakar dengan BLUE CORE & VVA

Salah satu pertimbangan utama memilih motor tentunya yang irit BBM ya kan. 

Nah, Nmax  memiliki teknologi Blue Core & VVA yang dapat menjaga mesin 155 cc tetap efisien bahan bakar. Motor ini diklaim mampu menempuh jarak kurang lebih 40km dengan 1 liter bahan bakar minyak. 

Selain irit bahan bakar, motor ini dilengkapi fitur STOP & START SYSTEM. Jadi, motor dapat mengurangi konsumsi bahan bakar saat tak butuh bahan bakar, seperti ketika motor sedang berhenti.

Tampil Gaya

Nah, setelah semua keunggulan di atas, nilai plus dari NMax ditambah lagi dengan MAXI STYLE DESIGN nya yang khas skutik Eropa. 

MAXI SIGNATURE COLOR memberikan pilihan warna motor yang elegan serta mewah. Cocok la sekalian untuk begaya pas lebaran biar gak apa kali.
Mudik dengan motor yamaha nmax
Sumber Instagram @renaldimax_id

Nah, itu dia beberapa plus dan minus mudik dengan motor yang bisa jadi bahan pertimbangan saat mudik lebaran 2024 nanti. 

Kalau kamu, gimana persiapan mudik lebaran kali ini, aman? 





You Might Also Like

2 comments:


  1. Aku suka ngeri liat para pemudik naik motor, bawa anak, bawa barang. Macet-macetan pula. Karena orang tua dan mertua dekat aku jadi ga pernah ngerasain sih effort bersusah payah buat mudik.

    ReplyDelete
  2. Mungkin ada batasan jarak ideal mudik yang bisa ditempuh pake motor ya kak. Iyah aja kemping pake motor astaga deluan capek punggung di jalan dri pada jalan-jalannya hiks. Alhamdulillah ya untuk yang sudah ada rejeki mobil atau minimal motor nmax yg nyaman itu

    ReplyDelete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄