Laptop Gaming Keren Perlu Gak Sih?

8:16 pm Pertiwi Soraya 0 Comments

 "Laptop gaming keren perlu gak sih?"

Jawabannya tergantung pada siapa pertanyaannya ditujukan. Kalau yang ditanya adalah gamer profesional, kira-kira akan bagaimana jawabannya? Apakah "Pasti. Tergantung. Enggak", atau malah balik bertanya, "Emangnya sekeren apa?" (Karena keren di matamu belum tentu keren di mataku :))

Ada yang dianggap keren karena teknologinya yang powerful. Ada pula yang dianggap keren karena selain powerful juga ramah lingkungan.

Di mataku, laptop yang keren itu adalah yang canggih. Canggih dalam arti punya teknologi terbaru, ramah pengguna, ramah lingkungan dan tak lupa ramah kantong. (Terkesan serakah lagi maksa ya :). Biasalah, manusia).

Sebelum membahas lebih lanjut tentang laptop gaming terbaru yang kabarnya acara peluncurannya cukup keren dengan mengusung konsep virtual interaktif dengan rasa main kuis Who Wants To Be A Millionaire, daku mau mengulik secuil tentang dunia per-gaming-an di Indonesia.

Dari acara Peluncuran Gaming HP Indonesia 2021 (HP Indonesia 2021 Gaming Launch Event) yang digelar virtual interaktif pada Kamis, 23 September 2021 lalu, aku baru tahu kalau ternyata hingga tahun lalu jumlah gamer di Indonesia mencapai 100 juta orang. (Itu banyak gak sih?)

Otomatis timbul pertanyaan, jumlah penduduk Indonesia ini sudah berapakah?

Mari kita berhitung sejenak.



Hasil sensus penduduk 2020 menunjukkan penduduk Indonesia berjumlah 270,20 juta jiwa dengan jumlah usia produktifnya (15-64 tahun) adalah 70.72 % atau jika dibulatkan sekitar 191 juta jiwa.

Jika 100 juta orangnya adalah gamer, artinya lebih dari 52% penduduk usia produktif Indonesia punya akun gaming

Dan satu lagi fakta menarik tentang pertumbuhan e-sports di Indonesia. Menurut data Newzoo, tahun 2017 ada 43.7 juta gamers di Indonesia. Sampai 2019 tercatat melonjak menjadi 52 juta gamers. Lalu melambung sejak pandemi hingga 100 juta orang. Sebuah efek pandemi pada tumbuh kembang e-sport Indonesia. (Udah macam judul skripsi)  

Agaknya sebentar lagi akan ada masa ketika mau PDKT yang ditanya bukan lagi "Akun IG dan Tik Tok nya apa?" tapi jadi "ID game nya apa?"  

Dengan pesatnya pertumbuhan e-sport Indonesia, pasti diikuti dengan pertumbuhan performa alat gaming serta kebutuhan akannya. Laptop gaming salah satunya. Apalagi bagi para hardcore gamer. Kenyamanan saat bermain tentu sangat krusial karena pasti berpengaruh pada proses bermain dan hasilnya.

Untuk itu HP memperkenalkan laptop gaming powerful yaitu OMEN 16 dan Victus guna mendorong gamer Indonesia ke level lebih tinggi.

OMEN by HP Laptop

 Top-Tier Performance

Teknologi ini memberikan pengalaman pada gamers untuk dapat menikmati grafis yang menakjubkan karena memiliki spesifikasi hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Laptop GPU 8 GB. selain itu juga dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ i7-11800H2 atau hingga Mobile Processor AMD Ryzen™ 9 5900HX2. 

Jauh dari kata "lambat, hang, atau nge-lagg" ketika menjalankan beberapa aplikasi bersamaan karena memiliki 16GB DDR4 3200 MHz yang dapat ditingkatkan hingga 32GB. Mengakses file penting juga dapat dilakukan dengan sangat cepat karena didukung hingga 512GB PCIe® NVMe™ M.2 Gen4 SSD yang dapat ditingkatkan hingga 1TB.

  

Gusts of Energy

Memiliki bilah kipas internal 2.5 kali lebih tipis dan 2 kali lebih banyak dari pada pendahulunya OMEN 153. Jadi sangat mendukung untuk bermain game berjam-jam tanpa khawatir laptop panas. Ditambah lagi dengan kapasitas baterai yang meningkat dari 52.5Whr menjadi 83Whr, dengan masa pakai baterai tahan 9 jam. 

 Immersive Visuals

Gameplay serba cepat tersuguhkan dalam panel IPS FHD5,6144Hz dan 100% sRGB. Sudah memiliki sertifikat TUV+Eyesafe®6 dan Flicker-Free, sehingga mata tetap aman dan nyaman meskipun menatap layar berjam-jam.

 Thermal Advances

Dilengkapi Sistem pendinginan oleh OMEN Tempest Cooling Technology, yang memiliki Dynamic Power, Performance Control dari OMEN Gaming Hub, dan Undervolting, mampu menghapus sumber daya yang berat secara efisien.

 Expand, Last, Fast

Perluasan yang sangat cepat dan sederhana dengan akses single-panel ke SSD dan RAM melalui sekrup kepala Phillips di dasar kedua laptop memudahkan pertukaran perangkat keras. Bermain game online juga tidak akan tertinggal dengan Wi-Fi6E dan 1x port Thunderbolt 4 yang menyediakan satu port universal untuk konektivitas yang mudah. 

OMEN by HP adalah laptop OMEN pertama yang memiliki fitur optical mechanical keys yang memberikan jarak tempuh hanya 1,7mm dengan waktu respon 0,2 ms dari tuts tradisional,sehingga membantu memberikan keunggulan dalam pertemuan satu lawan satu. 


Victus By HP

Jika OMEN 16 diperuntukkan bagi para gamer hardcore dan profesional maka Victus disegmenkan bagi para gamer pemula untuk membantu menjajaki dan mencari tahu tipe gamer yang cocok dengan pribadi diri juga sebagai laptop untuk kebutuhan pekerjaan.

Victus hadir dengan tiga pilihan warna menarik, yaitu mica silver, performance blue, dan ceramic white. Semuanya dilengkapi keyboard backlit standar dengan font unik yang tersedia di perangkat OMEN. 

Powerfully Compact

Disajikan dengan Layar 16 inci dengan opsi hingga FHD 144 Hz refresh rate, layar flicker-free, dan terasa seperti laptop 15 inci untuk kepraktisan pemakaian sehari-hari. Piksel yang bergerak lebih cepat dari sebelumnya dengan grafis yang didukung hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 Laptop GPU 6 GB. 

Didukung dengan prosesor Intel® Core™ i7- 11800H2 atau Mobile Processor AMD Ryzen™ 5000 Series2 dengan memori DDR4 3200 MHz 16GB yang dapat ditingkatkan hingga 32GB menjadikannya memiliki kecepatan kilat dan gameplay yang responsif.

 Chill Drives

Memiliki ventilasi belakang yang lebar sehingga meningkatkan efisiensi termal yang didukung oleh aliran udara lima arah dan desain pipa four-heat membantu menjaga semuanya tetap dingin ketika aksi gaming memanas. Dengan opsi HINGGA 512GB PCIe® NVMe™ M.2 Gen4 SSD yang dapat ditingkatkan hingga 1TB, pendinginan laptop ini cepat dan sederhana untuk bermain game dan aktivitas lainnya. 

 Ultimate Control

Sudah dilengkapi OMEN Gaming Hub untuk memanfaatkan fitur internal yang kuat seperti Performance Mode dan System Vitals untuk membantu game berjalan dengan baik dan meningkatkan pengalaman bermain game dengan cara baru dan menarik. Selain itu jga dilengkapi Network Booster sehingga kita dapat memprioritaskan bandwidth untuk game dan aplikasi yang aktif, sehingga mengurangi jaringan lagging saat bermain atau streaming

 Greener Gaming

Kedua laptop gaming ini OMEN 16 dan Victus telah bersertifikat Energy Star dan terdaftar pada EPEAT Silver®. Keyboard-nya menggunakan aluminium daur ulang, kotak speaker-nya menggunakan kombinasi plastik daur ulang pasca konsumen dan ocean bound plastic, serta penutup tombol-nya menggunakan plastik daur ulang. Tak lupa pula kemasan laptop dengan kotak luar dan bantalan serat yang 100% ramah lingkungan dan pastinya dapat didaur ulang.

Harga Omen dan Victus

Ada harga ada mutu pastinya. Sejak diluncurkan 23 September kemarin, keduanya OMEN 16 dan Victus sudah dapat diakses di Indonesia, baik di toko online maupun offline. Di toko resminya di Tokopedia ada cashback menunggu untuk tiap pembelian.

OMEN 16 dibanderol mulai Rp24.999.000,- dan Victus mulai Rp18.999.000,-

Kalau kamu lebih suka yang mana, OMEN 16, Victus, atau senyumannya?  


You Might Also Like

0 comments:

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄