Cara Mempersiapkan Kehamilan Terbaik Untuk Yang Teristimewa

4:15 pm Pertiwi Soraya 8 Comments

Apa yang yang kamu pikirkan ketika melihat para gadis yang belum menikah berbondong-bondong ikut seminar kehamilan? Aneh? Kurang kerjaan? Buang-buang uang? Belum saatnya? Sudah dilamar? Atau malah sudah sebar undangan? :D

Nah, kalau kamu termasuk yang mana?
Andien dan Mas Ipeh
Coba tebak, mana yang belum nikah.. Loh :'D
Kalau saya sendiri termasuk golongan yang selalu “excited” untuk ikutan acara yang berbau parenting dan kehamilan. Kenapa….?

Karena selain pastinya banyak nilai-nilai edukasi dari pengetahuan yang bakal dibagikan oleh para narasumber acara, juga sekalian cuci mata dan hati melihat cantik dan memesonanya para bumil dalam menjaga dan merawat si calon bayi. Pastinya ikut acara sepereti ini tak kan rugi karena ilmu yang didapat merupakan tabungan untuk masa nanti  iya kan? :D

Nah, maka dari itu, ketika #PRENAGEN Pregnancy Education Journey 2017 (PPEJ 2017) kembali hadir di Medan, tanpa perlu pikir lama, saya pun segera mendaftarkan diri.

Minggu, 27 Agustus 2017, tepat pukul 7.30, saya dan Diah (sering kali ya kan bareng kakak yang ini) tiba di lobby Grand Aston.
prenagen
Banyak Ayahnya ya...
Tampak bertebaran kerumunan bernuansa ungu di mana-mana. Ternyata mereka peserta #PPEJ2017MDN yang sedang menanti untuk registrasi.

Setelah mengisi daftar tamu, sembari menanti pintu aula tempat acara dibuka, Saya, Diah, Kyo, Venny dan teman-teman blogger berkeliling ke booth-booth Bump to Birth yang juga ramai dikunjungi oleh para peserta.
cara mengecek kesehatan kehamilan
Booth Konsultasi kesehatan dan kehamilan

Seperti tahun lalu, tahun ini juga ada booth kelas memasak, cek kesehatan dan konsultasi kehamilan dengan para dokter, kelas menyusui, area menggambar dan wewarnai untuk  anak dan juga tes rasa produk susu dan jus prenagen.
cara menyusui yang benar
Di Booth menyusui banyak para Ayah...Saluuut


tips mewarnai untuk anak
Sementara Ayah dan Bunda belajar, Anak-anak main dulu.

Entah karena terlalu asik keliling-keliling, tak sadar ternyata pintu aula ruang talkshow sudah dibuka sedari tadi. Alhasil ketika masuk, hampir seluruh kursi depan tengah hingga ke belakang sudah sold out diborong para bumil dan ayah. Akhirnya harus puas dan ikhlas dapat kursi di belakang. Huhuhu.
resep sehat untuk ibu hamil
Booth Kelas Memasak

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara PPEJ tahun ini juga dipandu oleh Mona Ratuliu. Nah, jadi ceritaya, hari itu rumah beliau disambangi oleh Andien dan suaminya, Mas Ipeh. Andien yang merupakan brand ambassador Prenagen berbagi cerita dan kisahnya tentang pengalamannya saat hamil dan pertama kali jadi orang tua.

tumbuh kembang otak anak
Dipandu oleh Mona Ratuliu
Intinya untuk mempersiapkan kehamilan dan menjalaninya butuh banyak belajar dan harus rajin-rajin cari informasi, baik dari segi nutrisi, perawatan, stimulasi, dan segala hal yang berhubungan dengan kehamilan dan menjadi orang tua.
andien n kawa
Mas Ipeh dan Andien are sharing about their pregnancy experience. Hamilnya bareng-bareng lho.

“Aku beruntung banget karena suamiku memang bener-bener paham. Jadi pas kami nikah, dia bilang ke aku, “nanti kalau kamu hamil, kita hamilnya sama-sama ya”, gitu. Jadi gak cuma aku aja yang hamil, tapi suamiku juga” Papar Andien. 

Wah, kalau pas nikah aja Mas Ipehnya bilang seperti itu, artinya beliau pastinya sudah sangat paham la ya tentang ilmu-ilmu atau pengetahuan seputar kehamilan dan bagaimana menyikapinya. Jarang-jarang lho ya kan ada calon suami atau pun yang sudah jadi suami mengerti hal-hal yang begini. Hmm… Jangan-jangan waktu masih belum menikah, si Mas ini sering ikutan seminar kehamilan nih. :D

Setelah sharing session bersama Andien, dilanjutkn dengan bahasan bersama dr. Boy Abidin SpOG (K) mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta untuk Perjalanan Kehidupan si Kecil. 
masalah seputar plasenta
Woow...Rameee

Mengapa kesehatan plasenta sangat peting?


Menurut dr. Boy, plasenta adalah penghubung janin dengan ibu, maka harus diperhatikan kesehatannya karena memberikan efek jangka panjang terhadap si kecil. Nutrisi yang diberikan dari ibu ke janin akan melewati plasenta. Maka dari itu, sang ibu harus sadar benar akan asupan makan yang dikonsmsi selama hamil.
olahraga senam untuk ibu hamil
dr. Boy Abidin
Kebtuhan nutrisi ibu hamil tidak hanya sebatas vitamin dan mineral tertentu, namun begitu banyak dan beragam, sehingga dibutuhkan kendaraan yang yang baik pula. Dan ssu ib hamil adalah kendaraan yang baik untuk membawa nutrisi tersebut.

Fungsi plasenta selain sebagai saluran pembawa nutrisi dan oksigen kepada janin, juga sebagai pembuang zat beracun, sebagai penguat kekebalan tubuh dan tempat produksi hormon untuk perkembangan janin.

Selain itu, ternyata plasenta juga sangat berperan terhadap pembentukan system saraf yaitu dalam hal transfer asam lemak yang kita kenal dengan DHA.

Pada sesi ini dr. Boy juga menjelaskan tentang masalah seputar plasenta yang dapat berefek seperti preeclamsia, diabetes mellitus gestational, prematuritas hingga kematian janin.

Jujur, mengenai pengetahuan seputar plasenta ini, saya bisa dikatakan “tercerahkan” dengan begitu banyaknya pengetahuan-pengetahuan baru yang saya dapatkan. Karena pada awalnya saya kira plasenta dan tali pusar itu sama. Ternyata  mereka adalah 2 hal yang berbeda. Ya ampun. :’D

Pada sesi selanjutnya, ada dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K) yang membahas seputar tumbuh kembang anak. Seperti yang biasa kita ketahui, tumbuh berkaitan dengan bertambahnya ukuran fisik secara kuantitatif seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala kuantitatif, dll. Sementara berkembang berkaitan dengan bertambahnya struktur dan fungsi tubuh (secara kualitatif) seperti motorik kasar, motorik halus, bahasa dan persona-sosial anak.
fungsi plasenta
dr. Herbowo
Dr. Herbowo menekankan pentingnya ASI di 6 bulan pertama anak. Nutrisi ASI adalah yang terbaik dan sudah cukup untuk si Kecil, tidak perlu ditambahi makanan tambahan apapun, bahkan air.  Pada ASI terdapat nutrisi untuk pembentukan sistem saraf pusat.

Berikut adalah beberapa kandungan utama nutrisi yang terdapat pada ASI untuk perkembangan otak,

Laktosa
Laktosa, yang setelah melalui proses perubahan berperan dalam pembentukan memori jangka panjang.

Kolostrum
Kolostrum pada ASI mengandung tinggi kolesterol penunjang mielin (selubung penghantar impuls/ rangsangan).

Zat besi 
Zat besi pada ASI jga berfungsi untuk menunjang mielin. Anak yang yang kekurangan zat besi di 6 bulan usianya, memperlihatkan mielin yang kurang sempurna sehingga perkembangan anak terlambat. Oleh karena itu, untuk membentuk anak yang sehat dan cerdas harus dimulai dari  masa kehamilan dan menyusui.
#HAMILYAPRENAGEN
#SahabatTerbaik #HamilYaPRENAGEN

Ada satu hal yang saya garis bawahi dari penjelasan dr. Herbowo, yaitu mengenai ukuran kepala bayi saat lahir. Ternyata ukuran kepala bisa menjadi parameter serius mengenai normal tidaknya pertumbuhan dan perkembangan otak khususnya kognitif anak di masa depannya.
"Pastikan untuk mengukur lingkar kepala anak saat lahir.” Tegas dr. Herbowo. Karena dari situ kita bisa tahu apakah anak kita berada pada ranah normal, prematur atau bahkan berpotensi untuk mengidap penyakit tertentu, sehingga bisa ditindaklanjuti secara cepat dan tepat. 

Wah, ukuran lingkar kepala saya berapa ya waktu lahir? :D
Chef Adrian
Chef Adrian memperkenalkan menu-menu sehat dan enak untuk BUMIL. Semua udah lengkap di goody bag kok.

Seberapa pentingkah manfaat olahraga untuk ibu hamil?

“Ibu hamil harus banyak-banyak gerak. Bumil harus banyak jalan.” Ini benar enggak sih? Soalnya sering lihat story instagramnya para bumil kok sering banget jalan sore-sore. :D. Nah ini dia penjelasannya.

Jadi, kehamilan adalah proses kerja keras fisik bagi seorang ibu. Bagaimana tidak dinamakan kerja keras fisik, 9 bulan lho bawa-bawa yang di dalam perut kemana-mana.

Nah, tak hanya kehamilan yang 9 bulan itu saja, namun juga ada proses persalinan yang membutuhkan kemampuan fisik yang sangat hebat, lalu ada lagi masa pemulihan pasca persalinan. Untuk menjalani ini, dibutuhkan fisik yang sehat dan kuat pula. Dalam hal ini olahraga adalah kuncinya.

Sama halnya kalau orang yang tak pernah olah raga, lalu tiba-tiba ikut kegiatan mendaki gunung, kira-kira dia bisa sampai puncak dengan mulus tidak ya? Yang ada dia malah merepotkan timnya kalau saya pikir.
senam prenafit
Senam PRENAFIT dulu yuk

Begitu pula dengan ibu hamil. Manfaat olahraga untuk bumil tak hanya baik untuk sang ibu, tapi juga untuk janin. Berikut manfaat olahraga senam PRENAfit untuk ibu hamil dan janin.
  • Membantu ibu beristirahat dengan tenang.
  • Mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan otot persalinan.
  • Mengurangi kemungkinann risiko diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi saat hamil.
  • Mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan di atas rata-rata (macrosamia).
  • Menurunkan risiko obesitas pada bayi di kemudian hari.
  • Bayi lebih tenang.
  • Membantu meningkatkan skor kecerdasan umum dan kemampuan bahasa lisan yang lebih baik sampai usia 5 tahun.

Oiya, dia akhir acara juga ada peluncuran aplikasi untuk penadampingan selama masa kehamilan untuk bumil lho. Aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia ini namanya HALO BUMIL. Pengembangan aplikasi ini di sponsori oleh PRENAGEN Ahlinya kehamilan & Menyusui beserta KALBE Nutritionals. 

aplikasi halo bumil
Aplikasi HALO BUMIL
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kampanye PRENAGEN peduli Ibu Sehat Indonesia Sehat 2017, sebagai bentuk apresiasi kepada para bumil yang telah memilih prenagen sebagai penambah nutrisi kehamilan.
Andienn dan kawa
Ditutup dengan ikrar bersama PRENAGEN

Nah, buat para Ayah dan Bunda yang juga ingin mendapatkan edukasi seputar masalah kehamilan, tidak perlu khawatir karena PPEJ 2017 yang mengangkat tema Yang Terbaik untuk Yang Teristimewa ini masih akan diadakan di kota-kota lainnya. Untuk informasi dan pendaftarannya, Ayah Bunda bisa mendapatkan info lengkapnya di www.prenagen.com.
Andien
Eh, ada yang sedang mengulang tanggal lahir rupanya... :D

Eits bukan hanya untk para ayah dan bunda saja lho ya, untuk calon-calon ayah dan calon-calon bunda juga pastinya.  Tertama untuk calon ayah, jangan mau kalah dong sama Mas Ipeh akan pengetahuan seputar kehamilan. Kan nanti yang bahagia istrinya juga . Iya kan? :D.

You Might Also Like

8 comments:

  1. Review yang apik, lengkap, dan bermanfaat. Rasanya rugi gak ikutan di #PPEJMDN2017 ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Exactly...selagi ada kesempatan bermanfaat...mari kita manfaatkan😁

      Delete
  2. Wah... membaca artikel ini sampai habis, dan saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat,

    ReplyDelete
  3. sayang banget kagak bisa datang, tapi alhamdlillah ada yang mau sharing, thank you. Btw, aq sukaaa lihat Kawa

    " Jarang-jarang lho ya kan ada calon suami atau pun yang sudah jadi suami mengerti hal-hal yang begini" noted ya calon suami yang mau belajr parenting itu idola :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu....calon suami yg ikutan seminar kehamilan...ada gak ya diacara krmaren?😅

      Delete
  4. Ah, review mu pas x utk kau..cak kau tanya2 sikit kapan acara ini di Bengkulu..krn akhit 2018/awal 2019 aku pengen hamil lagi. Semoga allah kabulkan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omak jang....yg ini dulu dikeluarkan ke muka bumi.....hihihi😅😅

      Delete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄