Sabang, Parwisata Aceh yang Buat Ketagihan

12:31 pm Pertiwi Soraya 0 Comments

Akhir-akhir ini kata”Sabang” gemar sekali singgah ke telinga. Sebentar-sebentar ada saja yang melayangkan kata “Sabang”. Apalagi tiap akhir pekan. Rekan kerja senyum-senyum udah pesan tiket. Ketika ditanya tujuannya, Sabang. Dari sekolah buat acara studi tur tujuannya Sabang. Di media sosial teman-teman dunia maya pada bicarakan Sabang. Di televisi, salah satu liputannya juga Sabang. Eh, di Instagram, saya malah menemukan lomba tentang Pesona Wisata Bahari Sabang.

Sudah pernah ke Sabang? Saya pernah sekali. Dulu sekali. Januari 2010. Saya ingat waktu itu kami nekat pergi di tengah carut –marut skripsi. Setelah pengajuan judul skripsi diterima, kami pun langsung cabut ke Sabang. Cerita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Nah, segala sesuatunya di Sabang itu ngangenin banget deh. Sekembali dari sana langsung ingin kembali ke Sabang lagi.
Pantai Sabang

Laut yang airnya benar-benar biru hingga ke tepiannya
Berawal dari Banda Aceh. Laut di Aceh memang luar biasa indah. Ketika di pelabuhan Ulele, saya sontak melongo melihat pemandangan di sekeliling saya. Saya kira pemandangan tepi laut yang benar-benar berair biru sampai ke tepi-tepinya hanya ada di foto-foto majalah travel saja. Yang telah diedit sana-sini. Namun pemandangan yang biasanya hanya bisa dinikmati di majalah kini terbentang dihadapan saya.

Dan semakin terpana ketika tiba di pulau Weh. Semakin saya mengeksplorasi tempat-tempat wisatanya, semakin tak bisa berkata-kata saya dibuatnya. Pemandangan-pemandangan yang begitu memanjakan mata.
budget ke sabang

Exploring Sabang ^_^
Perpaduan pesona alamnya yang luar biasa indah itu buat pengunjungnya ketagihan untuk kembali lagi ke Sabang. Lautnya yang biru, kontur alamnya yang membuat saya kehabisan kata mendeskripsikannya, dan pesona baharinya yang menurut saya mengagumkan.

pantai sabang
Finding Nemo Mission

Niat ingin menyelam (diving) namun apa daya, karena tak bisa berenang, akhirnya kami berpuas diri dengan snorkling di pulau Rubiah. Banyak ikan-kan kecil warna warni, lalu ada juga bulu babi, bintang laut dan mahkluk laut lainnya yang tak kami ketahui namanya di sela-sela karang. Dan kami terobsesi mencari Nemo. It was all finding Nemo mission.

Pemandangannya cukup keren buat kami yang tak bisa berenang ini. Yang ikut diving pasti dapat pengalaman yang lebih keren.

Padahal waktu kami berkunjung ketika itu, para penduduk setempat mengatakan bahwa keindahan bawah air yang kini kami lihat adalah sisa-sisa keindahannya akibat tsunami di 2006. Sabang masih dalam pemulihan kala itu.

Lah, jika pesona yang kami nikmati kala itu adalah “sisa-sisanya”, bagaimana pula keindahan aslinya? Ah jadi benar-benar ingin sekali ke Sabang segera.

Selain pesona bawah airnya, pantai-pantai di Sabang tak kalah eksotiknya. Ada beberapa pantai yang kami kunjungi. Yang saya ingat namanya diantaranya Iboih, Anoi Hitam dan Tiga Sumur.
pantai sabang
@Anoi_Hitam
Ombak di pantai Iboih cenderung agak tenang kala itu. Di pantai anoi hitam, sesuai dengan namanya, pantainya berpasir hitam berpadu dengan birunya air, dan bebatuan besar di sepanjang pantai. Sedangkan di pantai tiga sumur, perpaduan pepohonan kelapa, birunya air, dan gulungan ombak putih benar-benar membut anda ingin berteriak lepas sejadi-jadinya.
pantai tiga sumur sabang
My Favourite Tiga Sumur Beach
Tak hanya wisata alam, Sabang juga kaya akan wisata sejarah. Ada Lubang jepang, dan benteng pertahanan yang lengkap dengan meriam-meriamnya. Letaknya yang ditepi lautan, ada yang di dataran tinggi, ada pula yang di dekat pantai.

benteng jepang sabang
Benteng Jepang
Lalu tempat yang wajib dikunjung jika ke Sabang, yaitu O Kilometer Indonesia atau Kilometer Nol. Belum ke Sabang kalau belum ke sini. Biasanya banyak yang sengaja datang di sore hari untuk berburu matahari terbenam alias sunset.

kilometer nol indonesia sabang
Seunset at Kilometer 0 Indonesia


Nah itu tadi foto-foto zaman dimana kamera digital masih susah diakses, apalagi kamera handphone dengan resolusi sebagus sekarang. Jadi salah satu alasan ke Sabang selain rindu dengan segala keindahan dan pesona Sabang, juga mau mengabadikan momen dengan teknologi yang ada. Apalagi ada Sabang Marine Festival 2016. Pasti keren banget.

Jadi siapa yang mau ikut ke Sabang?



You Might Also Like

0 comments:

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄