In Harmony Clinic: Sebuah Memori Hepatitis B

11:30 pm Pertiwi Soraya 2 Comments



Kapan pertama kali kamu mendengar kata Hepatitis? Saya pertama kali mendengarnya saat saya berusia 6 tahun, tepatnya ketika saya kelas 2 SD. Apakah karena saya mengidap hepatitis?

Bukan. Bukan saya. Tapi Ibu saya. Jadi saat itu Ibu saya bercerita pengalamannya di masa-masa sulit saat ia bersekolah.

Sejak kecil, ibu saya telah ditinggal oleh ibu kandungnya alias nenek saya ketika melahirkan anak ke lima, adik ibu. Ibu bahkan tak ingat seperti apa wajah beliau. Sepeninggal nenek, kakek saya menikah kembali. Jadilah ibu saya memiliki ibu tiri ketika ia berusia sekitar 3 tahun. 

Kian tahun, kondisi ekonomi keluarga kian sulit. Tanggungan kakek yang mencari nafkah sebagai supir kian berat.  Beliau harus menghidupi seorang istri dan seorang anak tirinya, 5 anak dari pernikahan pertama dan 5 anak dari pernikahan keduanya.  

Masalah ekonomi ini menyebabkan sulitnya mendapatkan pendidikan formal di sekolah. Tak terkecuali bagi ibu saya. Kata ibu, bisa tamat SD saja sudah luar biasa bahagianya. Ibu sangat suka sekolah. Untuk melanjutkan SMP dan SMA ibu harus membiayai pendidikannya sendiri dengan dibantu oleh kakak-kakaknya. Jadilah ibu berjualan kue dan juga membantu menjualkan hasil sulaman kakak-kakaknya.

Untuk “minta” uang sekolah pada kakek, ibu dan para kakaknya tidaklah cukup berani. Kakek dianggap “seram” bahkan oleh anaka-anaknya sendiri. Seram dalam artian pemarah. Anak-anaknya terkesan takut padanya. Untuk minta pada ibu tiri, apalagi. Di masa itu, image ibu tiri persis seperti ibu tiri pada film-film zaman dahulu. Beruntungnya, ibu tiri ibuku bukan tipe orang yang ringan tangan. Namun jika ia tidak suka ia akan mengadu pada kakek. Dan setelah itu, kakek pasti memarahi pada anak-anaknya  (baca: anak-anaknya dari istri sebelumnya). Dan kakek selalu percaya pada istrinya.

Untuk uang jajan, jangan ditanya. Tentunya tak ada uang jajan. Paling jika kakek sesekali memberi uang jajan. Mau minta langsung pada kakek tidak berani, Maka, jadilah setiap jam istirahat sekolah, ibu biasanya hanya minum air putih yang dibawa dari rumah dan membeli 2 buah permen. Begitu setiap hari. Berlapar-lapar hingga pulang sekolah.

Hingga akhirnya ketika ibu kelas 2 SMA, ibu jatuh sakit. Penyakitnya berhubungan dengan oragan hati. Yah, ibu terkena penyakit kuning, alias penyakit radang hati. Hepatitis B tepatnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis B.

Lagi-lagi karena masalah ekonomi, pengobatan untuk ibu pun dilakukan seadanya. Ibu harus beristirahat total selama 3 bulan. Akhirnya mengambil cuti sekolah. Sehingga Ibu harus mengulang pendidikannya di tahun selanjutnya. Selama itu pula, asupan makanan dan gizinya pun mulai diperhatikan oleh kakek. 

Selama proses penyembuhan, entah ide dari mana, mungkin saran dokter, mungkin juga saran bidan dan caa pengobatan tradisional, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi gula merah setiap harinya. Jadi setiap hari ibu menghisap-hisap gula merah seperti permen. Pagi, siang, maupun malam. Tak jarang gula merah masih terkulum ketika ibu tidur. Itulah sebabnya gigi ibu mulai keropos menjelang usia 30-an.

Entah karena gula merah, atau memang karena istrirahat total dan pola makan sehat tadi, Ibu perlahan-lahan sembuh. Hingga bisa bersekolah lagi dan akhirnya menamatkan SMA nya. 

Ketika masa ibu bekerja, penyakit hepatitis ibu sempat kambuh lagi. Mungkin karena kelelahan dan ditambah pola makan yang kurang sehat. Lagi-lagi dalam proses penyembuhannya, ibu mengonsumsi gula merah.

Ibu bilang, orang yang mengalami penyakit hepatitis B, jika penyakitnya sampai kambuh untuk ketiga kali, maka harapan bahwa orang tersebut akan kembali sembuh sangatlah sulit. Bisa dikatakan sudah tidak ada harapan lagi. Saya bergidik. Tak berani membayangkan macam-macam.

Nah, seingat saya, tak lama setelah ibu bercerita mengenai pengalamannya dengan Hepatitis B, teman dekat ayah saya didiagnosa mengidap hepatitis B. Gejala fisik yang terlihat dan terekam jelas diingatan saya yaitu kulit tubuhnya terlihat pucat menguning, dan ulu hati yang membengkak. Saya juga dengar bahwa Hepatitis B ternyata bisa menular melalui darah dan cairan tubuh. Saat itu sempat terfikir oleh saya, apa mungkin saya bisa tertular Hepatitis B karena saya mengunjungi penderitanya?
Hepatitis B
www.pinterest.com/ruthgrnd/hepatitis-a-b-c

Kira-kira sebulan kemudian, ayah saya mengumumkan kalau esoknya kami sekeluarga akan mengunjungi bidan desa untuk melakukan vaksinasi Hepatitis B. Saya tidak ingat nominalnya, namun yang melekat diingatan saya adalah bahwa harga satu botol vaksin sangat mahal. Selain itu botol vaksin yang sudah dibuka tidak bisa bertahan lama, harus dihabiskan hai itu juga. Sehingga untuk menghemat, ayah dan teman ayah patungan untuk membeli 1 botol. Karena 1 botol bisa digunakan untuk 2 keluarga kecil. 

Proses vaksinasi ini tak cukup sekali. Saya ingat ada jadwal beberapa kali kami divaksinasi. Setelah jadwal pertama, jadwal vaksinasi kedua adalah sebulan kemudian Lalu jadwal vaksinasi ketiga adalah tiga bulan setelahnya. Dan jadwal selanjutnya adalah enam bulan setelahnya. Tak hanya untuk anak-anak, saya ingat ayah dan ibu saya juga ikut diberi vaksin.

Kini, vaksinasi hepatitis B telah termasuk dalam vaksinasi wajib imunisasi pada bayi. Jadi vaksinasi ini diberikan ketika bayi lahi, lalu ketika bayi berumur 1 bulan, dan selanjutnya ketika bayi berumur 3-6 bulan.


Hepatitis B
www.rrhs.org

Penyakit Hepatitis B disebut-sebut WHO sebagi penyebab dari 780.000 kematian di dunia tiap tahunnya. Sedangkan di Indonesia, berdasarkan Hasil Riset Kesehaan Dasar tahun 2007, 1 dari 10 penduduk Indonesia terinfeksi Hepatitis B. Namun hanya 1 dari 5 yang sadar jika mereka terinfeksi. Artinya, Penyakit Hepatitis B ini menjamur sedemikian rupa karena kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya dari penyakit ini. 

Intinya, selain karena faktor ekonomi, penyakit Hepatitis B bisa menyebar juga dikarenakan penularannya, yaitu melalui cairan tubuh, darah, penggunaan jarum suntik secara bergantian, penyalahgunaan narkoba, dan pergaulan bebas. Cara penularannya kurang lebih sama dengan penularan virus HIV. Maka untuk menghambat dan mencegah penularan lebih jauh, mari biasakan hidup sehat dan berperilaku sehat.
Hepatitis B

Kunjungi juga In Harmony Clinic untuk informasi seputar kesehatan.

You Might Also Like

2 comments:

  1. ih kok horor ya mba penyakitnya, penyebab pastinya hepatitis itu apa? apakah hanya kurang menjaga kebersihan lingkungan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain virus, biasanya karena pola makan dan asupan gizi mbak :D

      Delete

Thank you for visiting. Feel free to leave your response. 🙏😁😄